8 Jun 2018, 13:08 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

1 Syawal, Tunggu Pengumuman Menteri Agama

MARTAPURA – Kepala Kantor Kementerian  Agama Kabupaten OKU Timur Drs H Abdul Rosyid kembali menegaskan, besaran zakat fitrah  yang harus dibayarkan umat muslim menjelang hari raya Idul Fitri 1439 Hijirah  sebesar Rp . 22.500 per jiwa atau  beras 2,5 kg/jiwa.

Berdasarkan  keterangannya di Martapura, pengambilan keputusan besaran zakat fitrah tahun ini dilakukan melalui rapat  yang melibatkan  lembaga terkait seperti  Pemerintah Daerah, Ormas Islam serta, MUI, dan Baznas. Dari hasil rapat ditentukan standarisasi nilai zakat fitrah tahun 1439 .

Penentuan besaran zakat khususnya beras, lanjut Abdul Rosyid melalui sejumlah tahapan  diantaranya melakukan pemantauan langsung  harga beras yang ada di pasaran OKU Timur bervariasi.  Antara Rp 8 ribu hingga 10 ribu/kg. Karena itu diambil kesepakatan  rata-rata harga beras  dipasaran pada kisaran Rp  9  ribu per kg.

Sementara itu terkait dengan hari H Idul fitri  jauh pada tanggal berapa. Abdul Rosyid menegaskan berdasarkan kalender Idul Fitri 1 Sayal 1439 hijriah jatuh pada tanggal 15 Juni 2018. Namun itu masih dalam perekiraan. Untuk resminya masih menunggu pengumuman resmi dari Menteri Agama RI.(herman danawi)