27 Jul 2020, 20:08 WIB | Berita Daerah, Headline

60 Orang Mengikuti Pelatihan Sadar Wisata Guna Meningkatkan Profesionalitas Dalam Pengelolaan Destinasi Wisata.

Bupati OKU Timur, H.Kholid Mawardi, S.Sos., MSi. menghadiri pelatihan sadar wisata yang diadakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata OKU Timur di Aula Hotel Parai Tani, Senin (27/7/20).

Pelatihan ini diadakan guna meningkatkan pelayanan produk unggulan kepariwisataan di Bumi Sebiduk Sehaluan.

“Pelatihan seperti ini bisa meningkatkan pengembangan usaha dan Sumber Daya Manusia (SDM) terkait dengan peningkatan destinasi pariwisata yang ada di OKU Timur. Selain itu dapat memberikan kesadaran kepada kelompok sadar wisata dan pelaku usaha agar lebih profesional dalam pengelolaan destinasi wisata,” jelas Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, H.M Supardi, M.B. A.

Sektor pariwisata adalah sektor paling terdampak pandemi dan memiliki imbas kepada sektor lain. Untuk itu memungkinkan bagi kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis) untuk membangkitkan kembali sektor-sektor wisata yang ada di OKU Timur khususnya, yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Dimasa pandemi Covid -19 yang tengah melanda tanah air ini berdampak merosotnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata, perhotelan maupun rumah makan yang dirasa cukup sepi pengunjung akibat adanya pandemi ini,” imbuhnya.

Pandemi Covid-19 melanda hampir 200 negara, termasuk Indonesia, dan telah membawa perubahan dunia, termasuk di sektor pariwisata. Untuk itulah Pemerintah Kabipaten OKU Timur melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata melaksanakan pelatihan bimbingan teknis Sadar Wisata yang ditujukan untuk masyarakat luas.

Peserta dengan jumlah 60 orang ini bukan hanya berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melainkan para pengusaha rumah makan, restoran dan juga para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten OKU Timur.

“Kegiatan ini sangat perlu dan penting dikuti para kelompok Sadar Wisata, karena dengan pelatihan Sadar Wisata ini mereka bisa lebih pintar dan memahaminya juga menambah wawasan tentang pariwisata dan sektor yang berkaitan,” paparnya.

“Pariwisata bukan hanya sebatas pemandangan alam atau indahnya air terjun akan tetapi masih banyak hal yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata,” tutupnya. (Joni Ariandi/Diskominfo OKU Timur)

Nomor Penting

Pemda :(0735)481035
Polres :(0735)481613
Pemadam Kebakaran :(0735)481113
BPBD :(0735)481832
PLN :(0735)481874
RSUD Martapura:(0735)481004
RSUD Belitang:(0735)451815