11 Sep 2018, 12:42 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

Atasi Minimnya SDM Desa, PMD Gelar Inovasi Desa

MARTAPURA- Burasa inovasi desa diharapkan dapat menjadi sarana memperkenalkan  kegiatan pembangunan desa yang dinilai inovatif.

Disamping itu bursa inovasi desa juga diharapkan dapat menjadi ajang mencari inovasi yang belum terdokumentasi dan pembagian info terkait dengan hal teknis dalam pembangunan desa melalui pemanfaatan  dana desa.

Hal tersebut  terungkap dalam pidato sambutan Kepala Dinas PMD Provinsi Sumsel  yang dibacakan Prio Prasetyo   dalam  acara Bursa Inovasi Desa (BID) yang digelar pemerintah kabupaten OKU Timur,  belum lama ini.

Menurut dia, program bursa inovasi desa lahir karena  banyak desa yang  belum memiliki SDM dan kemampuan tata kelola desa. Bahkan banyak desa yang belum memiliki kafasitas dalam pemanfaatan dana desa yang  besar yang habis  begitu saja tanpa ada  yang memberikan manfaat  bagi masyarakat. Karena itu melalui program Inovasi desa  diharapkan akan tumbuh BumDesa yang diupayakan dapat menata program desa yang berkelanjutan guna mencapai kesejahteraan rakyat.

Lebih lanjut dia menegaskan, konsenterasi program inovasi desa  adalah pemenuhan infrastrutur desa yang mendukung langsung  peningatan perekonomian desa seperti jalan, embung, jembatan dan berbagai infrastruktur yang mendongkark perekonomian masyarakat desa. (herman danawi)