9 Nov 2019, 16:13 WIB | Berita, Headline

Bawang Merah Manis Kok

Panen Bawang Merah ( foto humas protokok okut)

Ternyata tanah di Kab OKU Timur cocok bukan hanya untuk budidaya padi dan palawija namun juga bawang merah. hal ini dapat dilihat pada panen bawang merah oleh Bupati OKU Timur H. M Kholid di desa Karang Endah Kec SS III,5/11/2019.
Bupati OKU Timur H. M Kholid yang ikut langsung memanen bawang merah mengatakan bahwa bawang merupakan bahan dasar dalam memasak apapun dan pasti sangat di perlukan. Maka kebutuhan masyarakat akan bawang merah tidak akan berkurang bahkan akan terus meningkat.
Bedasarkan rilis oleh BPS Kebutuhan akan bawang merah di Indonesia cukup tinggi sehingga salah satu komoditi yang bisa mempengaruhi inflasi di Indonesia.
Menurut teori bahwa tanah yang cocok bagi bawang merah adalaah dataran tinggi atau daerah dingin. Namun Ujar Bupati H. M Kholid meskipun demikian bumi sebiduk sehaluan cocok juga untuk Budidaya bawang sepanjang masih tersedia cukup air.
saat ini ada sekitar 50 Ha yang di tanami bawang, dengan tekad yang kuat Bupati H. M Kholid mengatakan OKU Timur siap menjadi sentral Bawang merah di Sumatra Selatan bahkan jika memungkinkan nasional, karena kualitas bawang OKU Timur merupakan kualitas super dan mampu bersaing dengan Kabupaten Brebes.
Bupati berharap adanya bantuan atau pinjaman modal dari pihak perbankan seperti Bank Sumsel Babel untuk kelompok kelompok tani, agar budidaya Banwang Merah semakin meluas.