26 Jul 2018, 12:20 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

Berkas 487 Bacaleg Diverifikasi

MARTAPURA – KPUD OKU Timur tengah melakukan Verifikasi  berkas pencalon terhadap 487 orang bakal calon legislatif (bacaleg) 2019.

Verifikasi data bagi  487 orang bakal calon legislatif (bacaleg)  tersebut merupakan   balon legeslatif yang telah diajukan partai politik (parpol) beberapa waktu lalu.

Menurut Ketua KPU OKU Timur Rialdi, S.Sos mengatakan, verifikasi ini dilakukan untuk mengetahui kekurangan berkas yang bersangkutan dengan jadwal pada 21 Juli sampai 31 Juli 2018 dilakukan perbaikan sekaligus pengajuan bakal calon pengganti.

Jika berkas persyaratan 487 bakal caleg tersebut terpenuhi, maka dipastikan 487 orang bakal caleg tersebut akan bersaing ketat untuk memperebutkan 45 kursi di DPRD OKU Timur dari 5 daerah pemilihan (Dapil).

Adapun rincian jumlah balon legeslatif yang didaftarkan ke KPU meliputi  dari 14 parpol yaitu Partai Golkar, PKB, PAN, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai NasDem, Gerindra, Partai Hanura, PPP, Perindo, PSI, Partai Garuda, PKS dan Partai Berkarya. Sementara untuk Partai Bulan Bintang dan Partai Persatuan Keadilan tidak ada mengajukan caleg.

Lanjut Rialdi, untuk jumlah bacaleg dari seluruh parpol yang sudah mendaftar sebanyak 487 orang. Namun jumlah tersebut kemungkinan akan berkurang setelah dilakukan verifikasi dan ditetapkan dalam Daftar Caleg Tetap (DCT).

Adapun 487 bakal Caleg yang mendaftar tersebut tersebar dari 5 daerah pemilihan (Dapil) pada Pileg 2019 di OKU Timur. Untuk Dapil 1 meliputi Kecamatan Martapura, Bunga Mayang, Buay Pemuka Peliung, dan Kecamatan Jayapura. Kemudian untuk Dapil 2 meliputi Kecamatan Belitang Madang Raya, Madang Suku I, Madang Suku II dan Kecamatan Madang Suku III.

Sementara untuk Dapil 3, meliputi Kecamatan Belitang Mulya, Cempaka, Semendawai Barat, Semendawai Suku III dan Kecamatan Semendawai Timur. Selanjutnya dapil 4 meliputi Kecamatan Belitang, Belitang II, Belitang III dan Kecamatan Belitang Jaya. Terakhir untuk dapil 5 meliputi Kecamatan Buay Madang, Buay Madang Timur dan Kecamatan Buay Pemuka Bangsaraja.(herman danawi)