2 May 2011, 23:58 WIB | Berita

Berminat Bangun Pabrik Karet

MARTAPURA, SRIPO — Tiga calon investor asal Jakarta dan Palembang menyatakan minatnya membangun pabrik pengolahan karet (crumb rubber) di Kabupaten OKU Timur. Saat ini, calon investor itu masih melakukan studi kelayakan dan mengkaji lebih detil kemungkinan mendirikan pabrik crumb rubber

“Kita berharap rencana tiga calon investor itu dapat terwujud, sehingga ke depan produksi getah karet di daerah ini bisa langsung diolah di OKU Timur, sehingga dapat menekan biaya angkut,” kata Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) OKU Timur, Ir Indra Burlian MM melalui Kabid Kelembagaan dan Usaha, M Husin.

Kepada Sripo, Minggu (1/5), M Husin mengatakan, calon investor tertarik berinvestasi di OKU Timur karena daerah ini merupakan salah satu kabupaten di Sumsel yang tingkat produksi getah karetnya tinggi, yakni mencapai 58.000 ton per tahun. Ditambahkan, di OKU Timur setidaknya terdapat tiga zona yang sangat tepat untuk dibangun pabrik crumb rubber, yakni di Desa Rasuan Kecamatan Madang Suku I, Desa Trikarya Kecamatan Belitang III, dan Desa Bantan Kecamatan Buay Pemuka Peliung.

“Untuk mendirikan pabrik crumb rubber harus berdekatan dengan sumber air atau sungai, jadi ketiga lokasi itu dipandang cukup efektif untuk didirikan pabrik crumb rubber karena dekat dengan Sungai Komering,” jelasnya. M Husin optimis, kelak keberadaan pabrik pengolahan karet itu berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, termasuk dalam mengentaskan pengangguran dengan penyerapan tenaga kerja lokal dari warga setempat. (eni)

sripo cetak