7 Nov 2019, 12:05 WIB | Berita, Headline

Bijak dan Cerdas Bermedsos

Di era digital saat ini dimana informasi mudah sekali diperoleh dan dibagikan, kita dituntut untuk membekali diri sehingga memiliki literasi digital yang baik, cerdas dan bijaksana dalam menangkap dan membaca informasi yang didapat dari media sosial.
Maka Pemerintah Daerah dalam hal ini diskominfo melaksanakan sosialisasi tentang Penggunaan Medsos secara bijak bertempat di Aula SMA 3 Martapura (4/11/2019)

Acara yang dibuka oleh Bupati Oku Timur Kholid MD melibatkan peserta dari unsur OPD dan Pelajar. Dalam sambutanya Bupati mengatakan bawah berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) ada Tiga konten paling sering di akses yaitu media sosial, hiburan, dan berita. Dari data tersebut, 97,4% di antaranya mengakses media sosial. Bahkan, Indonesia menjadi negara ke-4 paling aktif menggunakan media social di dunia.

lebih lanjut beliau mengatakan Laiknya pisau bermata dua, media sosial juga menjadi alat ampuh untuk menebarkan kebencian. Tak jarang, melalui media sosial terjadi pertengkaran, kejahatan, serta media sosialpun bisa mengirim masuk ke ranah hukum

Maka dalam kesempatan tersebut Kholid MD mengingatkan pentingnya para pejabat dan pegawai untuk mengoptimalkan penggunaan informasi digital dan media sosial secara cerdas dan bijaksana. manfaatkan sarana digital dengan optimal dan beretika untuk meningkatkan kualitas masing-masing individu.
Manfaatkan media sosial sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri, mencerdaskan, dan meningkatkan daya kritis yang konstruktif. Selalu menjaga etika baik di dalam pergaulan sosial secara langsung maupun melalui media sosial.

khusus untuk pada anak anak yang masih menempuh pendidikan, Bupati berharap agara Berkreatiflah secara seluas-luasnya dan jadikanlah ladang baru di dalam pergaulan sosial baik secara langsung maupun melalui media sosial untuk membantu memberdayakan dan mengasah kemampuan diri .

Sebelum mengakhiri pidatonya Bupati memberikan beberapa tip dalam menggunakan medsos yaitu:
Pertama; cermati konten yang akan di tulis, komen mapun di share . Selalu cek kebenaran dan sumber informasi tersebut
.
Kedua; hindari menggunakan media sosial Ketika sedang emosi, sebab saat marah dengan sangat mudah bertindak irasional. Hal ini akan berpeluang terkena UU ITE

Ketiga ; pilih dan pilah jaringan perkawanan.

Keempat ; gunakan media sosial sesuai hobi ataupun minat. Pakai platform media social tersebut cocok dengan apa goal yang hendak di capai

Dan Kelima ;, lindungi akun . Medsos adalah ruang public. Untuk itu, jangan menyebar data pribadi secara full di medsos. Data-data ini sangat rentan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.