Situs Pemerintah Kabupaten OKU Timur
          Selamat Datang Di Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur              Yakin OKU TIMUR lebih baik, Aman, Nyaman tanpa Jalan Berlubang          
Perikanan Peternakan Jarak Durian Komering Adipura Duku Komering Pertambangan Lumbung Pangan : Padi Kelapa Sawit Karet
Banner OKU Timur
Hari/Tanggal Jam
Rabu
22 Mei 2019
03:54:24

Buah Buah Saat Berbuka

7 May 2019 | Artikel

Berpuasa bukan berarti mengurangi semangat kerja  dengan kata lain   berpuasa di bulan ramadhan seperti saat ini etos kerja  tidak berbeda dengan hari hari biasa.  Teman sekantor berujar Beda ‘bro’  puasa  dengan tidak puasa. jika puasa  badan dan otak lunglai. Anda betul mas bro timpal ku.  Suka tidak suka pada saat berpuasa perut kosong disertai dahaga yang tentu saja direspon oleh tubuh dengan bersikap lesu, lemah.

Pagi pagi mencari  lewat mbah google apa sih asupan yang  bisa membuat badan tegar selama  menjalankan  ibadah puasa. Penulis  mendapat artikel yang cukup menarik  tentang buah buahan di laman liputan6.com. Silakan baca Insyallah bermaanfaat.  Tips membacanya biar menarik, baca pelan pelan sambil membayangkan  wujud fisik buah tersebut dijamin  segar pikiran.

Liputan6.com, 

Berbuka dengan buah -buahan di saat berbuka. makanan buka puasa yang bisa balikin energimu enak dan sehat “buka puasa merupakan pilihan terbaik. Karena manfaat di balik lezatnya buah durian” buah-buahan ini juga mengandung gula yang sehat dan baik bagi tubuh.

Jika dibandingkan dengan berbagai makanan manis lainnya yang kerap disajikan saat berbuka puasa, buah justru tidak begitu banyak disukai dan sering dijadikan sebagai pilihan kesekian kalinya alias terakhir.

Nah, berikut ini buah-buahan yang cocok dimakan saat buka puasa,

1. Kurma 

Buah manis yang satu ini terbilang populer dan banyak dijadikan sebagai pilihan untuk menu berbuka puasa. Kandungan gula di dalam buah kurma memang terbilang tinggi, sehingga akan dengan cepat menaikkan kembali kadar gula yang sempat turun selama berpuasa.  Bukan hanya itu saja, buah ini juga memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, seperti vitamin A, B2, B12, dan yang lainnya. Mengkonsumsi 3 hingga 4 butir buah kurma saat berbuka, akan sangat baik bagi tubuh.

2. Pisang

Buah yang terbilang memiliki jenis cukup banyak ini, menjadi pilihan tepat lainnya untuk menu berbuka puasa. Pisang memiliki banyak kandungan vitamin, antara lain vitamin A, B1, B2, dan juga vitamin C yang cukup tinggi.

Selain itu, buah lunak yang terasa manis ini juga memiliki kandungan Fosfor dan Kalsium yang baik bagi tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh selama berpuasa, menjadikan pisang sebagai menu berbuka puasa atau bahkan saat sahur adalah pilihan yang sangat tepat.

3. Blewah

Buah yang sangat populer di bulan puasa ini menjadi pilihan menu berbuka yang tepat. Rasanya yang segar dan begitu lembut, membuat blewah banyak dijadikan sebagai campuran minuman ataupun sirup sebagai menu berbuka.  Buah yang mengandung vitamin A ini juga memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan, sehingga sangat tepat untuk mengawali menu berbuka puasa lainnya.

4. Apel

Buah lezat yang memiliki kandungan vitamin yang cukup komplit ini juga akan menjadi pilihan yang tepat di saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, apel juga memiliki kandungan vitamin A, B, dan juga C yang terbilang tinggi.  Tak heran bila buah ini dikenal sebagai buah yang mampu menangkal radikal bebas dan juga berbagai bakteri lainnya dari dalam tubuh. Konsumsi satu buah apel sehari, maka tubuh akan mendapatkan semua manfaat tersebut dengan baik.

5. Jeruk

Buah yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi ini tentu akan menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga stamina selama berpuasa. Jeruk akan memberikan sensasi segar, terutama jika dikonsumsi sesaat setelah berbuka puasa. Setidaknya, satu buah jeruk setiap berbuka puasa akan memenuhi kebutuhan vitamin C di tubuh dengan baik. Rasanya yang manis dan segar juga sedikit asam membuat nyaman di mulut setelah seharian berpuasa.

6. Pepaya

Satu lagi buah yang kaya vitamin C dan juga serat alami, yakni pepaya. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk melengkapi menu berbuka puasa. Buah lunak yang lezat ini bisa mamberikan sensasi segar dan nyaman pada saluran cerna. Sehingga tubuh juga terasa lebih baik selama berpuasa karena membuat pencernaan lebih sehat.

7. Semangka

Kesegaran buah yang satu ini tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Semangka memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, termasuk air dalam jumlah yang cukup banyak.  Hal inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk menjadikan buah ini sebagai menu pilihan saat berbuka. Makan satu buah setiap hari saja sudah cukup memenuhi kebutuhan tubuh.

8. Belimbing

Tak hanya bentuknya saja yang menarik, belimbing juga memiliki rasa unik dan manis. Buah ini mengandung vitamin C dan juga serat alami yang baik bagi pencernaan, sehingga tubuh akan terasa nyaman ketika menyantapnya saat berbuka puasa.

 

Lihat berita lain dalam » Artikel


Jajak Pendapat

  • Bagaimana tampilan website ini?

    View Results

    Loading ... Loading ...

Arsip Artikel

Hak Cipta © 2012 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481035, Fax: 0735-482750
Email: info@okutimurkab.go.id
Dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481686, Fax: 0735-481686
Email: inforkom@okutimurkab.go.id
Developed by rajadigital