24 Jun 2020, 11:48 WIB | Berita Daerah, Headline

Bupati OKU Timur Ikuti Rakor Pemantapan Tahapan Pilkada Serentak 2020

Bupati OKU Timur H Kholid Mawardi mengikuti rakor secara virtual bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama 270 Pemda yg akan menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2020. Berlangsung aula Media Center Pemkab OKU Timur, Rabu pagi (24/06/2020).

Rakor hari ini membahas langkah-langkah kesiapan pemerintah pusat dan pemerintah daerah menuju suksesnya pilkada disemua daerah di tanah air tanggal 9 desember 2020 mendatang, termasuk kesiapan untuk pilkada di kabupaten OKU Timur.

Mendagri Tito karnavian mengatakan, untuk seluruh kepala daerah yang ikut vidcon agar menyimak dan memahami hal-hal yang penting untuk dijadikan masukan dan diaplikasikan pada daerahnya masing-masing.

“Saya ingatkan kegiatan ini semacam pertemuan awal yang membahas kesiapan dan kami memberikan waktu kepada seluruh kepala daerah untuk mendiskusikan kesiapan pilkada ditengah penanganan pandemi COVID 19” ucapnya.

Lebih lanjut Tito mengatakan, dari 270 daerah yang mengikuti Pilkada tersebut terdiri 9 Provinsi, 37 Kota, 224 Kabupaten. Terkait dengan anggaran pelaksanaan Pilkada diminta untuk segera dicairkan dan bagi Pemda yang memiliki perlengkapan protokol kesahatan silahkan untuk di hibahkan.

Mendagri bertangungjawab untuk melancarkan jalannya Pilkada, sehingga 9 desember berjalan lancar tanpa ada konflik ditengah antisipasi dan penanggulangan pandemi covid 19, Ujarnya.

Sementara itu, kepala BPKAD OKU Timur Agus Perimale menjelaskan, kesiapan anggaran untuk Pilkada OKU Timur dana hibah sudah terealisasi 40 persen untuk tahap pertama, sementara tahap ke dua paling lambat dicairkan 9 Juli 2020.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, alat pelindung diri (APD) untuk anggota KPUD pihaknya telah mengusulkan angaran ke APBN sebesar 6,4 miliar, sementara Bawaslu 2,3 miliar, jika nantinya tidak di kabulkan APBN makan akan dianggarkan melalui APBD dalam bentuk hibah.

Terpisah Bupati OKU Timur H M Kholid Mawardi menjelaskan tahapan pelaksanaan Pilkada. Pendaftaran pasangan calon 4 – 6 september 2020, penetapan pasangan calon 23 – 24 september 2020 serta pelaksanaan kampanye 26 september – 5 desember 2020 selama 71 hari , yang akan dilanjutkan pemungutan suara pada 9 desember 2020. Jelas bupati.

Ia, Ingatkan juga kepada masyarakaat OKU Timur agar jangan golput saat pilkada nanti, masyarakat diharapkan untuk ikut mensukseskan dan berpartispasi saat pilkada 9 desember mendatang, Pungkasnya (Joni ariandi/Diskominfo OKU Timur)