17 Sep 2020, 10:57 WIB | Berita, Berita, Berita Umum, Headline

Bupati OKU Timur Memberikan Banpres Kepada Pelaku UKM

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) OKU Timur  Sosialisasikan Program Bantuan Presiden (banpres) produktif berupa bantuan langsung tunai (BLT) untuk usaha mikro dan kecil pada masyarakat senilai Rp2,4 juta Kecamatan Belitang.

Kepala Dinas Koperasi UKM Ir. Santio, M.M., menyampaikan bantuan produktif oleh pemerintah demi melengkapi berbagai skema insentif yang diberikan untuk UMKM. Mulai dari subsidi bunga kredit, insentif pajak, kredit modal kerja, hingga penempatan dana di perbankan untuk merelaksasi kredit UMKM.

”Dana Hibah Banpres produktif dari Presiden hal ini Bukan pinjaman juga bukan kredit, bantuan ini untuk membantu usaha mikro dan kecil bagi pelaku UMKM OKU Timur kegunaannya demi memulihkan  pelaku usaha di tengah pandemi covid19″.Kata Santio, Rabu (19/9/2020).

Santio menambahkan penyaluran Banpres produktif tahap pertama akan menyasar pada 22.463 usaha mikro dari kementerian dengan calon penumpang sebanyak 3.671 mikro hingga saat ini kami masih menunggu data lain yang belum disampaikan kepada kementerian.

”Masyarakat yang diberikan bantuan bukan berasal Pegawai ASN maupun Anggota TNI- Polri melainkan pelaku UKM.
bantuan ini selain nantinya dapat diverifikasi oleh Kementerian Koperasi UKM,  data yang disampaikan tidak ada pemalsuan dan data tersebut tidak dipungut biaya karena data akan diterima melalui usulan desa pelaku yang bergerak di UKM.

Dia berharap, Banpres produktif agar dapat dimanfaatkan pelaku usaha mikro dan kecil sebagai tambahan modal usaha, seperti memperbanyak barang dagangannya.

Terpisah Bupati OKU Timur H. Kholid Mawardi,  berpesan  agar dana Banpres produktif digunakan untuk kebutuhan usaha, bukan dipakai hal konsumtif serta pelaku usaha selalu mengikuti protokol kesehatan yang ketat dalam menjalankan usahanya.

” Akibat covid19 Pelaku UKM OKU Timur banyak mengalami penurunan omzet dan keuntungan pun menurun selama pandemik, Namun Kholid, optimistis perekonomian masyarakat  akan segera membaik dengan adanya bantuan dana hibah yang disalurkan pada pelaku.UKM ,” Pungkasnya (Jhon).