17 Jun 2022, 8:42 WIB | Berita, Berita, Berita Umum, Headline

Bupati OKU Timur Resmikan Jembatan Baylei Di Desa Bantan Pelita

OKU Timur – Warga Desa Bantan Pelita Kecamatan BP. Peliung yang sempat terpisah oleh Aliran Anak Sungai Kali Langit kini bisa terhubung kembali. Sebelumnya jembatan penghubung Kali Langit sempat amblas akibat menahan terjangan aliran anak sungai ditambah derasnya Hujan yang mengguyur Desa Bantan Pelita dan sekitarnya pada Selasa, 07 Juni 2022 silam.

Jembatan Baylei yang bisa dilalui kendaraan dengan berat maksimal 3 ton ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah Kabupaten OKU Timur dengan Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan yang diresmikan langsung oleh Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., di Desa Bantan Pelita Kecamatan BP. Peliung. Rabu, 15 Juni 2022

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang membangun jembatan yang bersifat sementara, “Alhamdulillah Jembatan Bailey yang kami bangun kurang lebih 3 hari ini memiliki panjang 15 meter dan lebar 6 meter, jembatan ini bersifat sementara yang kemungkinan bisa bertahan sampai 1 tahun kedepan.” Ucap Asisten III Provinsi Sumatera Selatan Bidang Administrasibdan Umum H. Darma Budi.

Darma Budi juga mengatakan bahwa Pemprov Sumsel juga sudah melaksanakan rapat untuk menganggarkan pembangunan jembatan secara permanen di APBD Tahun 2023.

“Kami sudah rapat di Palembang untuk menganggarkan perencanaan jembatan baru melalui APBD 2023, perkiraan jembatan ini memiliki panjang 14 meter dengan lebar 9 meter dan mohon do’anya agar bulan oktober atau paling lambat november jembatan permanen sudah bisa dilalui.” Lanjutnya.

Sementara itu, Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru atas dibangunnya jembatan bailey ini, “Ini merupakan bentuk kasih sayang Bapak Herman Deru kepada masyarakat Bantan, daerah ini salah satu daerah favorit dan hampir disetiap kegiatan Gubernur Herman Deru menyempatkan diri hadir di desa ini.” Imbuh Bupati Enos.

Bupati Enos juga meminta kepada masyarakat bantan untuk menjaga jembatan bailey dengan berkordinasi dengan camat dan kades agar jembatan inu dapat terus digunakan sampai dengan pembangunan jembatan permanen.

“Saya minta kepada masyarakat bantak kerjasamanya untuk menjaga jembatan ini, berkordinasi dengan camat dan kades agar tidak mengalami kerusakan, minimal 1 tahun kedepan sampai jembatan permanen dibangun,” Jelas Bupati Enos.

Kepala Desa Bantan Pelita Heri Erwan, A.Md., mengucapkan terimakasih dengan Gubernur Herman Deru dan Bupati Enos atas gerak cepat dalam membangun jembatan bailey ini, “Dalam waktu kurang dari satu minggu jembatan sudah bisa digunakan masyarakat daerah Bantan lagi,” Ucap Heri.

Senada dengan kades, Bik Dop selaku warga Desa Bantan Pelita juga mengucapkan terimakasihnya kepada gubernur dan bupati atas respon cepat karena jembatan ini sudah bisa digunakan lagi, semoga Sumsel Maju Untuk Semua dan OKU Timur Maju Lebih Mulia.

Diakhir kegiatan, Bupati Enos memberikan secara simbolis bantuan Gubernur HD sebanyak 100 paket sembako kepada masyarakat sekitar jembatan.

(Tim Diskominfo OKU Timur).