18 Feb 2021, 19:25 WIB | Berita, Berita, Berita Umum, Headline

Dinas PMD OKU Timur Melakukan Verifikasi Bakal Calon Kepala Desa

Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) OKU Timur melakukan verifikasi data bagi bakal Calon Kepala Desa (Cakades) yang akan ikut Pilkades dari 223 Desa,  tingkat kabupaten. Kamis (18/02/2021).

”Hari ini merupakan verifikasi lanjutan tahap kedua, sebelumnya kemarin sudah ada empat kecamatan yang telah selesai melakukan tahap verifikasi. Kegiatan ini bertujuan guna meneliti lebih jauh semua berkas atau  kelengkapan bakal calon hingga dijadikan menjadi calon kepala desa dengan persyaratan yang  telah disiapkan‘’. Kata Kepala Dinas PMD, H.Rusman SE.

Menurutnya, semua persyaratannya akan dicek terlebih dahulu lalu diverifikasi oleh tim,  yang akan menilai lulus apa tidak nya bakal calon kepala desa tersebut. Sementara tim penilai kita,  melibatkan tim dari Dinas Pendidikan, Kesbangpol, Tim Inspektorat maupun tim penilai  bagian hukum  Setda OKU Timur,  termasuk tim verifikasi PMD.

”Berkas para bakal calon setelah diverifikasi, hasil nya akan dilimpahkan kepada panitia desa. Lalu akan diumumkan apakah mereka lulus atau tidak. Namun bagi desa apabila terdapatnya bakal calon kades lebih dari lima balon,  nantinya akan dilakukan tahapan lanjutan melalui seleksi tes tertulis’’. Lanjut Rusman.

Dirinya berharap, verifikasi berkas calon kepala desa ini berjalan dengan lancar sampai selesai. Lanjutnya, untuk penilaian yang dilakukan terdiri dari umur calon, ijazah, pengalamannya  dibidang pemerintahan desa , akan menentukan nilai hingga 45 persen. “Kemudian untuk 55 persen nilai ditentukan melalui tes tertulis. Setelah itu baru, melakukan perengkingan calon yang berhak maju pilkades.

“Kita berharap verifikasi berkas ini berjalan lancar dan tidak ada hambatan sampai nantinya pemilihan namun rencana ini akan dilaporkan terlebih dahulu kepada Bapak Bupati OKU Timur yang baru, kita akan sampaikan  kesiapan panitia dalam pelaksanaan pilkades  yang telah dijadwalakan akan digelar pada 7 april 2021 mendatang”. Ujarnya (Jhon).