19 Jun 2020, 22:10 WIB | Berita Daerah, Headline

DPRD Tetapkan Dana Hibah Pilkada Serentak Tahun 2020 OKU Timur

Ketua DPRD OKU Timur H Beni Dafitson SIP mengatakan dewan telah menyetujui usulan  anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020. Usulan tersebut diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) OKU Timur, Jum’at (19/06/2020)

”DPRD OKU Timur sudah menetapkan dana hibah pilkada serentak tahun 2020,  untuk penyelenggara KPUD sebesar 36 milyar 150 juta dan Bawaslu sebesar 15 miliar,” Ungkap Beni Dafitson saat gelar Rapat koordinasi dana pelaksanaan kegiatatan pilkada.

Penetapan ini sudah dilakukan secara formal  pada november tahun 2019 lalu, menimbang pilkada serentak oleh KPU pusat sudah disepakati pelaksanaannya 9 desember mendatang. Pemkab OKU Timur dan anggota DPRD sudah berkomitmen akan merealisasikan anggaran untuk kesuksesan pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur,” Ungkap politikus Partai Golkar ini.

Anggaran pelaksanaan Pilkada KPUD OKU Timur diusulkan terdahulu sebesar 47 milyar  setelah disepakati besaran selisihnya sejumlah 9 milyar 850 juta. Untuk Bawaslu awalnya 16 milyar 500 juta selisih pembaharuannya mencapai 1,5 milyar,  sedangkan penambahan untuk pengamanan Polri sebesar 800 juta dan untuk TNI sebesar 500 Juta rupiah.

Ditambahkan Beni, adanya situasi pandemi Covid-19 yang melanda di tanah air dilakukan pemotongan anggaran  oleh pemerintah pusat, sehingga besaran anggaran yang ditetapkan untuk penyelenggaraan hajatan politik 9 Desember mendatang, sesuai dengan yang disepakati itu.

Dalam rapat tersebut turut hadir Ketua KPUD OKU Timur Herman Jaya, Ketua Bawaslu Ahmad Gufron SE, Sekretaris Daerah OKU Timur Jumadi Sos dan sejumlah Anggota DPRD berlangsung di ruang rapat Gedung Dewan. (Joni ariandi /Diskominfo OKU Timur).