Situs Pemerintah Kabupaten OKU Timur
          Selamat Datang Di Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur              Yakin OKU TIMUR lebih baik, Aman, Nyaman tanpa Jalan Berlubang          
Perikanan Peternakan Jarak Durian Komering Adipura Duku Komering Pertambangan Lumbung Pangan : Padi Kelapa Sawit Karet
Banner OKU Timur
Hari/Tanggal Jam
Selasa
18 Jun 2019
14:27:57

Fasilitasi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial

27 Aug 2018 | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

MARTAPURA – Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat, mengelar kegiatan Fasilitas Penyelesaian Prosedur, Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial bagi tenaga kerja dan perusahaan.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyelesaikan masalah  perusahaan terjadi perselisihan antara pekerja ke perusahaan, sesuai prosedur sebagaimana diatur dalam UU No.2 tahun 2004 tentang penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

Kegiatan tersebut  digelar Kamis – Jumat 23-24 Agustus 2018  lalu di Martapura.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi OKU Timur Drs. Elfian Syawal,  melalui Sumar, selaku Kepala Bidang hubungan industrial syarat kerja dan jaminan sosial mengatakan, hubungan industrial ini merupakan suatu sistem hubungan antara pelaku dalam proses produksi barang atau jasayang terdiri dari unsur pengusaha, pekerja dan pemerintah.

Hubungan industrial ini didasarkan pada nilai-nilai Pancasila dan UUD Republik Indonesia Tahun 1945.

Lalu lanjutnya, Lembaga Kerjasama Bipartit ini terdiri dari pekerja dan perusahaan, sedangkan lembaga kerjasama Tripartit antara perusahaan, pekerja dan pemerintah. Masih dikatakan Sumar, perusahaan wajib mempunyai Peraturan Perusahaan (PP) yang dibuat secara tertulis oleh perusahaan yang memuat ketentuan – ketentuan tentang syarat kerja serta tentang tata tertib perusahaan dan disahkan oleh Instansi yang bertanggung jawab di bidang Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Firdaus, S Sos Kasi Perselisihan Hubungan Industrial Dinaskertrans Provinsi Sumatera Selatan yang juga selaku pemateri menyampaikan bahwa ada beberapa jenis perselisihan yang sering terjadi yaitu, perselisihan kepentingan, perselisihan PHK, Perselisihan antar serikat pekerja dalam satu perusahaan serta perselisihan hak.

Dia menegaskan di OKU Timur belum ada mediator (tenaga teknis) untuk masalah perselisihan hubungan industrial, jadi upaya penyelesaian dapat dilakukan secara Bipartit..

Selain itu lanjut dia, materi yang disampaikan tentang penyelesaian perselisihan hubungan industrial, mekanisme penyelesaian perselisihan hubungan industrial dan peraturan perusahaan.(herman danawi)

Lihat berita lain dalam » Berita, Berita Daerah, Berita Umum


Jajak Pendapat

  • Bagaimana tampilan website ini?

    View Results

    Loading ... Loading ...

Arsip Artikel

Hak Cipta © 2012 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481035, Fax: 0735-482750
Email: info@okutimurkab.go.id
Dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481686, Fax: 0735-481686
Email: inforkom@okutimurkab.go.id
Developed by rajadigital