Situs Pemerintah Kabupaten OKU Timur
          Selamat Datang Di Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur              Yakin OKU TIMUR lebih baik, Aman, Nyaman tanpa Jalan Berlubang          
Perikanan Peternakan Jarak Durian Komering Adipura Duku Komering Pertambangan Lumbung Pangan : Padi Kelapa Sawit Karet
Banner OKU Timur
Hari/Tanggal Jam
Ahad
21 Okt 2018
11:01:24

Guna Peningkatan Akuntabilitas, Pemda OKU Timur Berlakukan Transaksi Non Tunai

31 Jan 2018 | Artikel, Berita Daerah

KABAROKUTIMUR.COM | OKU TIMUR – Dalam upaya peningkatan akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah, maka timbullah kebijakan pemerintah agar melakukan transaksi non tunai. Hal tersebut diungkapkan Sekda OKU Timur, Drs H Idhamto saat membuka kegiatan Sosialisasi Implementasi Transaksi Non Tunai Bendahara Penerimaan atau Pengeluaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan Perbankan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur. Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di ruang Bina Praja Pemkab OKU Timur pada Rabu (31/1/2018) yang dihadiri seluruh OPD dan camat ini.

Menurut Sekda OKU Timur, Drs H Idhamto, saat diwawancarai mengatakan, bahwa perlu segera diberlakukan transaksi non tunai. Pelaksanaan transaksi non tunai untuk pemerintah berlaku per 1 Januari 2018 untuk seluruh jenis transaksi. Perubahan transaksi ini tentu banyak kendalanya. Karena itu perlu dilakukan sosialisasi.

“Untuk penerapannya juga harus ada sinkronisasi dengan perbankan. Kendala tentu pasti ada, tapi kita (pemerintah) tetap harus menjalankannya,” katanya.

Idhamto juga menerangkan, dengan adanya transaksi non tunai, bendahara tidak lagi memegang dana atau uang tunai. Namun dengan kondisi geografis yang jauh dan tidak seluruh daerah memiliki ATM, juga akan menjadi salah satu kendala.

“Jika ada ATM di setiap kecamatan akan sangat membantu masyarakat. Setiap kebijakan itu ada yang diuntungkan dan ada yang dirugikan. Kita lihat nilai-nilai positif dengan adanya kebijakan ini,” terangnya.

Pemkab OKU Timur juga berkomitmen dalam mendukung kebijakan ini. Transaksi non tunai juga untuk mempermudah mempertanggungjawabkan transaksi yang dilakukan. Sehingga hal tersebut juga untuk menghindari kesalahan saat bertransaksi.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Martapura, Muhamad Tobi, menjelaskan, untuk jalur Komering akan segera dipasang ATM. Kini pihaknya sedang menentukan lokasi dimana titik atau tempat yang nantinya akan dipasang ATM.

“Sekarang mesin ATM-nya sudah ada di kantor kita. Sebelum melaksanakan transaksi non tunai harus bersama-sama belajar jika nanti sudah dilaksanakan tidak akan ada kendala lagi. Lantaran itu, dengan digelarnya sosialisasi diharapkan seluruh pihak agar segera memahami tentang tata cara transaksi non tunai,” jelasnya.

Sumber : http://kabarokutimur.com/2018/01/31/guna-peningkatan-akuntabilitas-pemda-oku-timur-berlakukan-transaksi-non-tunai/

Lihat berita lain dalam » Artikel, Berita Daerah


Jajak Pendapat

  • Bagaimana tampilan website ini?

    View Results

    Loading ... Loading ...

Arsip Artikel

Hak Cipta © 2012 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481035, Fax: 0735-482750
Email: info@okutimurkab.go.id
Dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481686, Fax: 0735-481686
Email: inforkom@okutimurkab.go.id
Developed by rajadigital