14 Jun 2018, 15:27 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

H-1 Idul Fitri, Harga Daging Meroket

MARTAPURA – Jelang  hari H Idul Fitri 1439 Hijriah, harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar Martapura Kabupaten OKU Timur terus mengalami kenaikan secara signifikan. Salah satunya harga daging jika sebelumnya dijual pedagang Rp 120 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp 130 ribu bahkan diprediksi kembali naik seiring banyaknya permintaan dari masyarakat.

Berdasarkan pantauan di pasar Martapura, kondisi stok daging sapi   masih mencukupi. Nanya saja harga sudah menunjukan tren peningkatan selama satu pekan menjelang idul fitri. Hal ini diakui Faisal salah satu pedagang daging. Menurut dia kemungkinan harga daging pada H-1 Idul Fitri diprediksi mencapai Rp 150 hingga Rp 160 ribu per kilogram.

Dilain pihak untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti bawang  naik jika sebelumnya Rp  32 ribu naik menjadi 34 ribu/kg. Demikian juga halnya dengan harga cabe rawit dijual pedagang dengan harga Rp 50 ribu per kilogram. Sedangkan cabe kriting Rp 60 ribu. Kenaikan cabe ini telah terjadi dalam dua pekan terakhir  dan terus meroket menjelang hari H idul Fitri. Hal tersebut dibenarkan oleh Sudirman salah satu pedangang. Yang menyebutkan kainkan dikarenakan bannyaknya permintaan dan tidak diimbangi dengan ketersediaan stok yang ada di tingkat pengempul dan pengecer.

Sementara itu untuk harga sembako lainnya seperti terlur  bebek  kini berada pada level  100 ribu per karpet. Atau Rp 3500 per butirnya. Sedangkan untuk sembaku jenis lain tidak begitu melonjak hannya saja stok yang dikhwatirkan terus menipis.(herman danawi)