28 Jun 2019, 9:14 WIB | Berita

HANI di Oku Timur

Upacara Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2019 di Kab Oku Timur di pusatkan di Halaman Pemkab (Rabu 26/06/2019). Bertindak sembagai inspektur upacara Bupati OKU Timur HM Kholid MD . Dalam amanatnya Bupati mengatakan antara lain bahwa generasi milenial agar untuk menggunakan teknologi terkini dalam ikut menyebarkan akan penyalahgunaan dan peredaran Narkotika hal ini sejalan dengan tema nasional HANI yakni mewujudkan generasi milenial tanpa narkoba menuju indonesia Emas.

Dalam rangkaian hari Narkotikan Internasioan tersebut dilakukan pemusnahan Sabu-sabu seberat 2 kilogram yang berhasil diungkap jajaran Polres OKU Timur. Bedasarka hasil Labfor Polda Sumsel dapat diketahui bahwa sabu sabu tersebut adalah dengan kulaitas terbaik tak heran jika di tafsir harganya mendekati 2 Milyar Rupiah. Pemusnahan barang haram tersebut dengan metode di blender memakai cairan khusus. kemudian selanjutnya sabu-sabu tersebut dibuang ke dalam kloset dengan dikawal ketat aparat berwenang.
Pemusnahan dilakukan Bupati dengan didampingi oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) OKU Timur AKBP Gendi Marzanto SH MH dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) OKU Timur AKBP Gendi Marzanto SH MH , mengatakan bahwa peringatan HANI tahun 2019 dilakukan tidak hanya di Kab Oku Timur tapi dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia bahkan dunia. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk perlawanan dunia terhadap narkotika. Untuk di OKU Timur sendiri perang terhadap narkoba dengan beberapa cara mulai dari Pencegahan, Sosialisasi dan Rehabilitasi.

“Upaya-upaya pencegahan dan sosialisasi sudah dan akan terus kita lakukan. untuk itu hari ini kita sudah saksikan bersama BNNK Oku Timur menunjuk tiga orang relawan anti narkoba. Sementara untuk rehabilitasi sejauh ini kita sudah lakukan terhadap 4 orang. Kab OKU Timur sendiri menempati peringkat 10 peredaran narkoba di Sumsel,” ujar kepala BNNK Oku Timur..