Situs Pemerintah Kabupaten OKU Timur
          Selamat Datang Di Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur              Yakin OKU TIMUR lebih baik, Aman, Nyaman tanpa Jalan Berlubang          
Perikanan Peternakan Jarak Durian Komering Adipura Duku Komering Pertambangan Lumbung Pangan : Padi Kelapa Sawit Karet
Banner OKU Timur
Hari/Tanggal Jam
Rabu
17 Jul 2019
05:52:01

Herman Deru Satukan Keberagaman

3 May 2011 | Berita

Seputar Indonesia – MARTAPURA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur me-launching penggunaan bahasa Komering, bahasa Jawa, dan bahasa-bahasa daerah lainnya. Hal ini bertujuan mempererat dan menjaga hubungan antarkelompok serta menghindari perpecahan di masyarakat. Launching penggunaan bahasa daerah ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati OKU Timur Herman Deru.Acara ini dihadiri sekitar 5.000 warga, tokoh masyarakat, agama, serta anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumsel Percha Leanpuri.

Bupati OKU Timur Herman Deru menjelaskan, penggunaan bahasa Komering,Jawa,dan bahasa daerah lain ini tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) OKU Timur No 18/2011 tentang Pelestarian dan Pengembangan Bahasa Daerah di sektor formal dan nonformal. Penggunaan bahasa daerah ini akan diatur secara bergiliran.“ Saya jelaskan, pada tanggal 5 setiap bulan menggunakan bahasa Komering, tanggal 15 bahasa Jawa,dan tanggal 25, khusus bahasa ibu,artinya seluruh bahasa daerah,”kata Deru. Program ini, menurut bupati yang kerap meraih penghargaan di tingkat nasional ini, bertujuan melestarikan serta mengembangkan budaya daerah, terutama yang terdapat di Kabupaten OKU Timur, yang merupakan bagian dari budaya nasional.

Tujuan lain,memupuk rasa persatuan dan kesatuan guna terwujudnya masyarakat yang aman,adil,makmur,dan sejahtera lahir-batin.Yang tak kalah penting, untuk menghindari perpecahan, pertikaian antarsuku, ras,dan agama. Acara launching bahasa daerah berlangsung di Lapangan KONI Martapura dan dimeriahkan komedian asal Ibu Kota, seperti Ucok Baba, Marwoto, dan penampilan grup musik Rabies cs. Pada malam harinya, dilaksanakan sosialisasi Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban. Sosialisasi mengenai tugas dan fungsi lembaga ini dikemas dalam bentuk hiburan rakyat berupa pagelaran kesenian wayang kulit dan wayang golek semalam suntuk, dengan menampilkan dalang Ki Endartono dari Yogyakarta dan KiI Apep Hudaya dari Bandung.

Sementara itu, Ketua Forum Keluarga Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Brigjen (Purn) TNI Thobroni HS menilai, penggunaan bahasa daerah yang digagas Bupati OKU Timur ini sangat baik dan merupakan yang pertama di Sumsel, bahkan di Indonesia. ?dadang dinata

Lihat berita lain dalam » Berita


Jajak Pendapat

  • Bagaimana tampilan website ini?

    View Results

    Loading ... Loading ...

Arsip Artikel

Hak Cipta © 2012 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481035, Fax: 0735-482750
Email: info@okutimurkab.go.id
Dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481686, Fax: 0735-481686
Email: inforkom@okutimurkab.go.id
Developed by rajadigital