17 Apr 2018, 15:48 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

HM Kholid : Kini Kecamatan Jaya Pura Maju Pesat

MARTAPURA- Wilayah Kecamatan Jayapura Kabupaten OKU Timur yang sebelumnya masuk dalam kategori tertinggal, kini telah menjadi daerah yang maju setelah dibangunnya sejumlah infrastruktur seperti jalan dan listrik masuk desa.

Lebih kurang 12 tahun lalu, Kecamatan Jaya Pura yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Martapura adalah kawasan yang sulit dijangkau, selain karena tidak tersedianya akses jalan yang  baik juga tidak tersedianya pasilitas penerangan, akibatnya masyarakat yang hendak menuju dan keluar dari wilayah yang  terletak di puncak tertinggi di OKU Timur itu terpaksa  jalan kaki.

Namun kini wilayah tersebut sudah bangkit dan sejajar dengan 19 kecamatan lainnya di OKU Timur.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi di Martapura membenarkan 12 tahun yang lalu kawasan tertinggal di OKU Timur adalah Kecamatan Jaya Pura. Namun setelah dilakukan pembukaan akses jalan dan masuknya listrik dikawasan tersebut  melalui  dana APBD sebesar Rp 1,2 miliar akhirnya kawasan itu dapat maju pesat dan bisa bersaing dengan wilayah lainnya.

Masih menurut Bupati,  saat ini daerah yang dinilai tertinggal di Kabupaten OKU Timur telah bergeser ke wilayah Semendawai Timur. Yang masalahnya sama yakni belum terbukanya akses infrastruktur berupa jalan.  Selain itu kawasan tersebut juga didominasi  daerah rawa sehingga sulit berkembang.

Karena itu pemerintah daerah akan menggarkan dana sebesar Rp 29 Miliar untuk percepatan pembangunan sekitar kawasan Kecamatan Semendawai Timur yang wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten OKI dan Waykanan Lampung.(herman danawi)