24 Jun 2020, 11:34 WIB | Berita Daerah, Headline

HUT Bhayangkara ke-74, Kapolres OKU Timur Bagi-bagi SIM Gratis

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menggratiskan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 tahun 2020. Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya mengatakan pihaknya akan membuka layanan SIM secara gratis pada 1 Juli 2020 mendatang (22/06/2020).

Syarat pembuatan SIM mudah. Pemohon hanya dapat membuktikan tanggal lahirnya yang sama dengan HUT Bhayangkara.

“Bagi  warga yang lahir di tanggal 1 Juli akan kami hadiahi SIM baru atau perpanjangan dengan mekanisme yang berlaku,” jelas Kapolres. 

Namun hal ini tidak berlaku untuk semua warga yang lahir di tanggal 1 Juli, melainkan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan hanya berlaku penerbitan SIM golongan C atau perpanjangan.

Kapolres juga menambahkan bahwa SIM gratis ini akan ditujukan pada warga kurang mampu, sopir angkutan umum, maupun pengendara ojek di wilayah OKU Timur .

”Pemohon juga harus mengikuti ketentuan yang berlaku, seperti memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan Sehat, serta mengikuti tes teori dan praktik. Selain itu pemohon SIM  harus melalui rangkaian tahapan tes dalam pembuatan SIM,” jelasnya.

Sementara kegiatan HUT Bhayangkara di wilayah OKU Timur tahuh ini akan menyiapkan agenda lain seperti kegiatan bakti sosial, bantuan sosial, donor darah, sampai rapid tes. 

Tentunya semua pelaksanaan layanan ini akan tetap memenuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19, meliputi jaga jarak, menggunakan masker, hingga cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer. 

“Kami sudah siapkan segala sesuatunya sesuai anjuran pemerintah. Bagi warga yang ingin membuat atau perpanjangan SIM secara gratis agar secepatnya mendaftarkan diri,” imbuhnya. (Joni ariandi/Diskominfo OKU Timur)