10 Nov 2020, 10:36 WIB | Berita, Berita, Headline, Pengumuman

BPN OKU Timur, menyerahkan 1.060 Sertifikat Tanah untuk Masyarakat OKU Timur setelah proses pembuatan sertifikat selesai.

Bupati OKU Timur bersama Kepala BPN saat itu menyerahkan secara simbolis sertifikat kepada 50 perwakilan desa dari wilayah enam kecamatan.( Jhon).

Kepala Badan Pertanahan Nasional BPN OKU Timur, Zamili SH MH mengemukakan Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) tahun 2020, dengan Proses penyerahanya sebanyak 1.060 sertifikat, yang tersebar di kecamatan  yang ada di Kabupaten OKU Timur.

” Sementara sertifikat yang telah jadi akan diserahkan kepada warga secara simbolis kepada 50 orang. Namun Untuk kekurangan yang belum jadi, kami optimistis akan selesai pada tahun ini,” katanya, Senin (9/11/2020).

Dengan rinciannya Target,  SHAT ASN 4.000 bidang dan PM. 5.000 bidang, sementara sertifikat belum diserahkan berjumlah 1.523 bidang, dan sertifikat yang sudah di serahkan berjumlah 2.487 bidang, dalam kegiatan ini akan diserahkan sebanyak 1.060 bidang.

Selain itu Bupati OKU Timur, Kholid Maward, S.Sos, M.Si  dalam sambutannya, meminta kepada warga penerima sertifikat agar langsung mengecek kebenaran nama, alamat serta luasan tanah dalam buku sertifikat. Sertifikat memberikan legalitas pada kepemilikan tanah warga.

Selain itu Bupati juga menekankan agar penerima sertifikat tersebut menyimpan dengan baik sertifikat yang telah diterimanya. Bila harus digunakan untuk agunan bank dianjurkan untuk kredit yang produktif.

“Harapan kami utamanya dengan sertifikat ini memberi legalitas hukum kuat terhadap hak kepemilikan tanah. Selanjutnya keberadaan sertifikat juga memberikan kekuatan akses modal perbankan. Bila memiliki usaha bisa diagunkan mendapatkan pinjaman dengan bunga yang rendah dan syarat ringan,” kata Bupati.

Bupati OKU Timur bersama Kepala BPN saat itu menyerahkan secara simbolis sertifikat kepada 50 perwakilan desa dari wilayah enam kecamatan.( Jhon).