23 Aug 2018, 10:10 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

Jelang Idul Adha Bupati Sampaikan Pidato Radio

MARTAPURA- Bupati OKU  Timur HM Kholid Mawardi mengajak umat muslim di OKU Timur untuk meningkatkan keimanan  melalui semangat berkurban.  Demikian diantaranya yang disampaikan Bupati ketika pidato radio dalam rangka menyambut tibanya hari raya idul adha 1439 hijriah.

Berikut selengkapnya pidato radio, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos M.SI. yang telah disiarkan oleh LPP Lokal Radio BKM, Selasa (21 Agustus 2018) malam.

Bismilahirahmannirrahim

Assaamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 Allaahu Akbar,  Allaahu Akbar,  Allaahu Akbar,

Laa  Ilaaha Ilallaahu Allaahu  Akbar,

Allaahu Akbar Walillaahil  Hamdu.

Masyarakat OKU TIMUR,  pendengar Radio BKM dimana saja ada berada,  puji dan syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah, Subhanahu Wa Ta’ala, atas rahmat dan karunia-Nya  yang tak terhingga.

Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, keluarga, sahabat dan kita umat Islam yang terus berusaha konsisten mengikuti sunah-sunahnya hingga akhir zaman.

Saudara Pendengar, masyarakat OKU TIMUR yang  kami banggakan, insyaallah besok, 10 Zulhijah 1439 Hijriah yang bertepatan dengan, Rabu 22 Agustus 2018.

Kita semua, bersama dengan umat muslim se-dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban.

Memaknai Hari Raya Idul Adha 1439 hijirah kali ini, ada beberapa hal yang  dapat kami sampaikan yaitu.

Pertama,  Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang bersejarah bagi umat manusia, karena Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Ismail telah meletakkan dasar-dasar keteladanan yang fundamental,  yang  terwujud dalam ritual pelaksanaan ibadah haji dan penyembelihan hewan kurban.

Melalui dua peristiwa tersebut diharapkan akan tumbuh keimanan yang kian kuat  yang diikuti  semangat keikhlasan untukberkorban.

Kedua, Ibadah Haji merupakan rukun Islam ke-5 (lima) yang diwajibkan seumur hidup bagi umat muslim yang telah mempunyai kemampuan, mampu biaya, fisik dan aman perjalanannya.

Kita ketahui bersama bahwa tahun ini, Kabupaten OKU Timur memberangkatkan  684 orang calon haji (JCH),   dimana keberangkatannya telah dilepas beberapa pekan lalu.

Ketiga, Bila kita mengkaji hikmah yang terkandung dalam ibadah qurban ada dua hal yang dapat kita petaik yaitu :

  • Dimensi Ritual : yakni  pelaksanaan kurban semata-mata karena memenuhi perintah Allah dan Rosulnya seperti halnya yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam, sekalipun harus menyembelih putra kesayangannya Ismail Alaihissalam.
  • Dimensi Sosial : Disamping keimanan, ibadah qurban juga berdimensi sosial, karena daging qurban yang dibagikan dapat menjadi perekat antara si-kaya dan si-miskin, oleh karena itu berqurban hakekatnya membina persaudaraan, mengamalkan nilai-nilai kepekaan dan kepedulian sosial.

Allaahu Akbar,  Allaahu Akbar,  Allaahu Akbar.

Laa  Ilaaha Ilallaahu Allaahu  Akbar, Allaahu Akbar Walillaahil  Hamdu.

Masyarakat OKU TIMUR, Pendengar Radio BKM yang berbahagia,  mari kita jadikan momentum hari raya  kurban ini sebagai sarana perekat persaudaraan, dengan saling berbagi dengan penuh keikhlasan, merajut kembali rasa perdamaian dan persaudaraan dalam kehidupan berbangsa dan  benegara.

Dikesempatan yang baik ini juga, marilah kita berdo’a semoga jemaah haji Indonesia, khusunya jemaah haji OKU TIMUR tetap diberikan kesehatan dan kemudahan didalam menjalani semua prosesi ibadah di tanah suci. Serta tiba kembali dengan selamat di tanah air dengan membawa predikat haji yang mabrur dan mabruroh.

Terakhir, Saya atas  nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten OKU TIMUR dari lubuk hati yang dalam, tulus danikhlas mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, dan Selamat Menjalankan Ibadah Qurban”.

Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf apabila ada kekurangannya. Billahi taufik wal hidayah,

Wassalamu’alaikum wr. Wb.