30 Aug 2018, 16:58 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

Jemaah Haji Kolter Satu Palembang Tiba di Tanah Air

PALEMBANG – 445 jamaah haji debarkasi Palembang pulang menggunakan pesawat Saudi Airlines. 445 jamaah yang pulang berasal dari Kabupaten Oku Timur dan Lubuklinggau. Pada Senin 27 Agustus 2018 malam.

Debarkasi Palembangmencatat rekor yaitu debarkasi tercepat yang pulang ke Tanah Air alias nomor satu yang pulang duluan. Dan akan menginap satu malam untuk beristirahat di asrama haji, jamaah yang pulang juga akan dilakukan pengecekan kesehatan dengan alat scanner thermal.

Seperti yang kami kutif dari sripoku.com, Ketua PPIHDebarkasi Palembang HM. Alfajri Zabidi  di Palembang mengatakan, debarkasi Palembang tercepat pemulangan jamaah ke tanah air, dan untuk jamaah haji akan diterima secara langsung oleh Kemenag Sumsel.

Jamaah yang berangkat ke Tanah Suci, untuk Kloter 1 berjumlah 447 orang. Namun ada satu jamaah yang meninggal di Arab Saudi dan satu jamaah sakit sehingga harus menjalani perawatan dan belum bisa kembali ke Tanah Air.

Jamaah yang meninggal dari Kloter 1 adalah Siti Ngaisah Yayah asal OKU Timur. Almarhumah meninggal pada 7 Agustus lalu di Mekkah. Sedangkan jamaah yang masih harus dirawat di Arab Saudi adalah Saidi Jahri Aji Amat (77) asal Kota Lubuklinggau.

Fajri menambahkan, hingga saat ini jamaah Debarkasi Palembang yang meninggal dunia di Arab Saudi berjumlah delapan orang. Mereka adalah Budi Riyati dari kloter lima, Tohet Kuris kloter tiga, Siti Ngaisah kloter sati, Subadi Minto Semito kloter delapan, Husni Thamrin Prabujaya kloter sepuluh, Nurdjanah Mahmud Husin kloter lima, Pandak Candak Najidin kloter 13, dan Gimin Wongso kloter lima.

Musim haji tahun ini, Sumsel memberangkatkan 8.207 jamaah, dengan rincian Sumsel 7.045 jamaah, Babel 1.067, dan 95 petugas kloter. Delapan di antaranya meninggal dunia ditanah suci.(herman danawi)