12 Aug 2017, 22:26 WIB | Berita Daerah, Berita Umum

KASAD TNI Hadiri dan Pimpin Langsung Latihan Tempur di Martapura

Suara lalu lalang kendaraan perang di darat maupun di udara terdengar begitu gagah di wilayah Martapura OKU Timur. Suara dentuman meriam yang silih berganti adalah gambaran puncak latihan tempur hari ini (sabtu, 12/8/2017).

Pada puncak latihan tempur ini disaksikan langsung oleh disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, Komandan Kodiklat Angkatan Darat Letjen TNI Agus Kriswanto dan Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Latihan antar kecabangan dalam wadah Brigade Infanteri (Brigif) Mekanis 6/TBS Divif 2 Kostrad melibatkan satuan dari berbagai kecabangan jajaran TNI AD sebagai satuan perkuatan yang meliputi satuan tempur, satuan bantuan tempur, satuan bantuan administrasi, satuan intelijen dan satuan teritorial. Pada latihan antar kecabangan TNI AD tahun 2017 kali ini mengerahkan 3300 personel dan berbagai Alutsista paling modern yang dimiliki TNI AD antara lain, Helly MI 35,Tank Leopard, Tank M113, Meriam Artileri medan Astros, Meriam Caesar, Meriam Artileri pertahanan udara RBS 70 serta Alutsista modern lainnya yang dimiliki Angkatan Darat.

Selain dihadiri oleh sejumlah pejabat TNI AD, juga hadir Bupati OKU Timur, Bupati OKU, Kapolres OKU Timur dan Kapolres OKU, menyaksikan kemampuan tempur TNI AD untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Tujuan dari latihan tempur ini adalah meningkatkan kemampuan tempur tingkat perorangan sampai dengan satuan setingkat Brigade dan kerjasama antar satuan/kecabangan dalam wadah Brigade Tim Pertempuran (BTP) melalui penyelenggaraan operasi tempur yang didukung oleh operasi intelijen dan operasi teritorial. Muaranya adalah untuk mewujudkan sinergitas dan interoperabilitas antar kecabangan guna memperoleh daya tempur yang efektif.

Usai menyaksikan puncak latihan antar kecabangan Angkatan Darat 2017 ini, Kasad mengungkapkan rasa bangganya pada prajurit yang melaksanakan latihan dan berharap latihan ini dapat dijadikan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan tempur perorangan maupun satuan.