17 May 2018, 20:36 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

Kemenag OKU Timur Gelar KSM Tahun 2018

MARTAPURA –Kementerian Agama akan kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  tahun 2018.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  tahun ini merupakan gelaran kali ketujuh kalinya yang direncakanan secara nasional akan di Kota Bengkulu pada September mendatang.

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) OKU Timur  Drs H Abdul Rosyid melalui Kasi urusan Madrasah, Karep S.Pd di Martapura menyebutkan tujuan dari  KSM adalah meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.

Untuk kabupaten OKU Timur, pihaknya telah mengelar KSM  pada 12 Mei lalu yang diikuti 102 orang siswa  dari berbagai tingkatan baik MA, MTs maupun MI dengan 11 bidang study  yang dilombakan.

Bagi mereka yang menjadi juara satu dari masing-masing tingkatan sekolah akan dikutkan dalam ajang yang sama ditingkat Provinsi yang direncakan bulan Juli mendatang. Dan untuk tingkat nasional digelar September mendatang di Bengkulu.

Menurut Karep, bidang studi yang dilombakan pada KSM. Untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika dan IPA.

Untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah, selain Matematika dan IPA, mata pelajaran IPS juga dilombakan. Sedang untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA), bidang studinya mencakup: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi.(herman danawi)