24 Jul 2018, 14:48 WIB | Artikel, Berita

Kepala BPBD Ingatkan Warga Waspada Bencana Kebakaran

MARTAPURA- Masyarakat di OKU Timur terus diingatkan untuk tidak melakukan aktifitas pembukaan lahan pertanian dan perkebunan dengan cara dibakar. Terlebih sepekan terakhir terdapat dua titik api di wilayah OKU Timur.

Sebab jika hal ini masih dilakukan akan berdampak terhadap kerusakan lingkungan seperti menimbulkan kabut dan asap serta menyebabkan timbulnya penyakit dan menjadi penghambat aktifitas masyarakat karena dampak asap.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah OKU Timur, MGS Habibullah di Martapura menyebutkan dalam sepekan terakhir setidaknya terdeteksi dua titik api di wilayah Kabupaten OKU Timur. Hal sebut menurut dia diketahui berdasarkan hasil laporan dari pantauan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) kepada pihaknya.

Mendapatkan laporan keberadaan hot spot tersebut pihaknya lanjut Habib langsung ke lokasi bersama dengan aparat. Dan diketahui titik api yang pertama terjadi di desa Pracak Kecamatan Bunga Mayang dimana apa pembakaran lahan sawit yang sudah tua yang akan ditanami bibit baru. Karsusnya sedang dalam penanganan aparat. Sedangkan dilokasi yang kedua ada di Desa Jaya Bahkati Kecamatan Madang Suku I terjadi kebakaran gambut. Kedua lokasi kebakaran sudah diatasi dan cepat dipadamkan.

Disaat musim kemarau, habib mengharapkan semua pihak untuk lebih ekstra hati-hati akan bencana yang mungkin akan timbul. Khususnya petugas dari BPBD dimintanya aktif dalam melakukan antisipasi dan evakuasi korban jika terjadi bencana.(herman danawi)