26 Feb 2015, 8:52 WIB | Berita Daerah

Ketika Bu Lurah Ikut Periksa Balita

timbang-balita-di-posyandu

MARTAPURA – Kantor Kelurahan Pasar Martapura mendadak heboh dengan tangisan puluhan balita yang datang untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Meski puluhan bayi tersebut menjerit dan menangis sekuatnya, namun ibu-ibu orangtua yang melihatnya hanya menenangkannya dengan elusan-elusan seadanya dan sesekali mereka hanya tertawa melihat balita meronta-ronta saat dimasukkan dalam timbangan yang diawasi sejumlah perawat dinas kesehatan.

Tangisan balita tersebut bukan tanpa alasan, mereka yang sebelumnya merasakan pelukan hangat orangtuanya terpaksa dilepaskan dan dimasukkan ke dalam sebuah kain yang digantungkan pada sebuah timbangan untuk mengetahui apakah berat badan anak sesuai dengan tinggi badan dan kesehatan lainnya.

Setelah menimbang, orangtua balita terlihat dengan cepat mengambil dan memeluk anaknya serta menenangkannya kembali. Perawat yang ada di lokasi langsung memberikan sebuah vitamin berwarna merah dan meneteskannya ke mulut balita tersebut. Sejumlah balita terlihat enggan meminum isi tablet itu. Namun dengan sedikit paksaan orangtuanya, akhirnya balita tersebut bersedia untuk meminum isi dari tablet yang berisi vitamin A itu.

Dengan telaten seorang perempuan muda yang merupakan Lurah Pasar Martapura Inoferwenti Intan SE MM terlihat berdiri dan mondar-mandir mengawasi proses penimbangan dan pemberian vitamin kepada puluhan balita. Sesekali dia memberikan instruksi kepada ibu-ibu yang baru datang untuk terlebih dahulu menenangkan anak mereka sebelum menimbangnya.

Usai menimbang dan memberikan vitamin, Intan itu kembali memberikan masukan dan nasehat kepada orangtua bagaimana cara merawat balita agar sehat dan kuat terutama saat masa pertumbuhan yang sesekali ditimpali petugas dinas kesehatan yang ada.

“Disini kita akan mengetahui bagaimana kesehatan balita. Jika mereka kurang sehat, maka kita akan mengarahkan mereka untuk diperiksa lebih lanjut dan memberikan vitamin-vitamin. Hal ini kita lakukan agar pertumbuhan baik fisik maupun otak anak berkembang dengan baik,” ungkap Lurah Pasar Martapura Inoferwenti Intan SE MM.

Sumber : http://palembang.tribunnews.com/2015/02/22/ketika-bu-lurah-ikut-periksa-balita