14 Sep 2018, 7:53 WIB | Berita Umum

KPU, Bawaslu Cemati Pemilih Ganda

MARTAPURA— Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) serta perwakilan dari berbagai unsur Partai Politik peserta pemilu 2019 di OKU Timur, mengelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pencermatan bersama terhadap Daftar Pemilih Ganda di OKU Timur. Selasa, (11/9) di Martapura.

Pencermatan terhadap mata pilih ini ini menyusul adanya data ganda untuk OKU Timur yang dikirim oleh Bawaslu RI melalui Bawaslu Kabupaten OKU Timur, dengan berjumlah 7.552 data ganda.

Komusioner KPU OKU Timur divisi mata pilih Yuliansah didampingi staf tekhnis mata pilih Ibrahim Edi mengatakan,setelah di lakukan analisa oleh KPU OKU Timur, dari 7.552 DPT ganda yang dikirim oleh Bawaslu RI tersebut hanya terdapat 953 data ganda yang dapat di analisa.

Sedangkan sisanya data dari 953 tidak dapat terinditifikasi. Sebab tidak memiliki informasi TPS dan tidak ada nomor urut DPT.

Yuliansah mencontohkan, dari data ganda ini terdapat 1 Desa ada 6000 data ganda yakni di desa Tri moharjo kecamatan Semendawai Suku III yang tidak memiliki informasi DPT dan nomor urut DPT. Untuk itu pihaknya merasa perlu masukan dari Bawaslu dan Parpol. (herman danawi)