Situs Pemerintah Kabupaten OKU Timur
          Selamat Datang Di Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur              Yakin OKU TIMUR lebih baik, Aman, Nyaman tanpa Jalan Berlubang          
Perikanan Peternakan Jarak Durian Komering Adipura Duku Komering Pertambangan Lumbung Pangan : Padi Kelapa Sawit Karet
Banner OKU Timur
Hari/Tanggal Jam
Rabu
12 Des 2018
16:50:40

Lomba Biduk dan Tangkap Bebek Hibur Warga OKU Timur

18 Aug 2015 | Berita Daerah

lomba-biduk_20150816_183014MARTAPURA – Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI yang ke-70 Badan Pariwisata, Kesenian dan Budaya (Persembud) Kabupaten OKU Timur menggelar acara lomba biduk tradisional dan lomba menangkap bebek di Aliran Sungai Komering.

Perlombaan tersebut digelar di Sungai Komering tepatnya di Desa Tanjungkemala, dibawah Jembatan Kotabaru, Martapura, Minggu (16/8/2015).

Peserta lomba biduk yang diikuti oleh 36 tim yang terdiri dari tiga orang tersebut memiliki tugas masing-masing baik mendayung maupun mengarahkan biduk agar tidak bertabrakan dengan biduk lainnya.

Ratusan masyarakat yang menyaksikan pertandingan tersebut riuh memberikan semangat bagi tim yang mereka dukung agar memenangkan perlombaan.

Para peserta terlihat bersemangat untuk memenangkan hadiah uang pembinaan serta piagam penghargaan.

Meski jarak perlombaan hanya sekitar 100 meter, namun para peserta terlihat kesulitan untuk mengarahkan dayung karena arus sungai yang bergelombang ditambah lagi dengan peserta yang berdesak-desakan untuk saling mendahului.

Selain lomba biduk tradisioanl, Persembud juga menggelar lomba menangkap bebek yang dilepaskan di Aliran Sungai Komering tersebut.

Lomba biduk dan lomba menangkap bebek tersebut dibuka oleh Asisten IV Setda OKU Timur Fathurrahman mewakili Bupati OKU Timur H Herman Deru SH MM.

Menurutnya, lomba biduk tradisional tersebut dilaksanakan sebagai upaya pemerintah dalam melestarikan budaya Komering dan untuk mengenang kisah nenek moyang Suku Komering.

“Dahulu Sungai Komering ini merupakan salah satu jalur transportasi masyarakat menuju Kota Palembang menggunakan perahu.

Jadi ini patut untuk dilestarikan agar masyarakat mengetahui betapa pentingnya peran Sungai Komering ini pada zaman dahulu,” katanya.

Kepala Badan Parsembud OKU Timur Drs Hendri MM mengatakan Lomba biduk Tradisional dan lomba menangkap bebek tersebut merupakan pesta rakyat yang digelar setiap tahunnya.

Tempat pelaksanaannya di aliran Sungai Komering baik di bendung Perjaya maupun di Desa Tanjungkemala, di bawah Jembatan Kotabaru.

Sumber : http://palembang.tribunnews.com/2015/08/16/lomba-biduk-dan-tangkap-bebek-hibur-warga-oku-timur?page=2

Lihat berita lain dalam » Berita Daerah


Jajak Pendapat

  • Bagaimana tampilan website ini?

    View Results

    Loading ... Loading ...

Arsip Artikel

Hak Cipta © 2012 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481035, Fax: 0735-482750
Email: info@okutimurkab.go.id
Dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481686, Fax: 0735-481686
Email: inforkom@okutimurkab.go.id
Developed by rajadigital