19 Sep 2019, 8:38 WIB | Berita Umum, Headline, Pengumuman

Lomba Masak Serba Ikan

Sekretaris daerah meninjau salah satu perserta

Pempek ikan, Pepes ikan, Pindang ikan Kudapan dari ikan bahkan makanan bayi dari ikan. Macam-macam makanan yang berunsur ikan tersebut ditemukan pada acara lomba memasak serba ikan tingkat kabupaten (17/09/2019). Kegiatan yang diiniasi oleh Dinas Perikanan dan Peternakan bersama TP PKK OKU Timur bertujuan untuk meningkatkan kegemaran makan ikan serta guna meningkatkan konsumsi ikan di kalangan masyarakat.

Sekretaris Daerah OKU Timur Jumadi, S.Sos, dalam sambutannya mengatakan bahwa ketahanan pangan masih sebuah isu penting sama dengan isu ekonomi dan energi. Ketahanan pangan dan gizi kebutuhan utama kebutuhan manusia, dan terwujudnya SDM yang berkualitas. Konsumsi ikan masih rendah dan salah satu penyebab terjadinya bayi stanting. Untuk itu beliau menyambut baik lomba memasak serba ikan yang bertujuan untuk meningkatkan kegemaran dalam mengkonsumsi ikan dan meningkatkan kemampuan dalam mengolah ikan.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Timur Ir. H. Kanjeng Tubagus Sunarseno, M.Si dalam laporan mengatakan bahwa selain tujuannya untuk menyebarluaskan informasi mengenai ikan serta kandungan nilai gizi produk olahan perikanan. Kegiatan ini juga untuk menyamakan persepsi dan langkah-langkah guna mensukseskan program Gerakan Memasyarakatkan Ikan (Gemarikan) secara nasional.

Tubagus Sunarseno mengatakan bahwa implementasi Gemar ikan melalui promosi edukatif peningkatan konsumsi ikan dalam bentuk lomba memasak serba ikan yang dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

Peserta lomba memasak serba ikan tingkat kabupaten diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari TP PKK Kecamatan se-OKU Timur. Berbagai Kategori di perlombakan yakni kategori ikan untuk keluarga, Balita dan menu kudapan/snack.

Wakil Ketua TP PKK OKU Timur Lilik Setio Rini Fery Antoni dalam sambutannya mengatakan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar dalam kehidupan sehingga harus dipenuhi. Pemenuhan gizi di Kabupaten OKU Timur dengan cara memanfaatkan potensi yang ada dan mengkonsumsi makanan yang berimbang bergizi. melalui lomba ini diharapkan akan mampu memotivasi masyarakat untuk mengolah ikan.

Keluar sebagai pemenang kategori menu balita adalah juara pertama Madang Suku 3, peringkat 2 Semendawai Barat dan tempat ke 3 di peroleh oleh peserta dari Belitang. Sedangkan kategori Kudapan peringkat pertama di dapat oleh peserta dari Semendawai Barat, ke 2 peserta dari Madang Suku 3 dan Peringkat ke 3 di tempati peserta dari Madang Suku 2. Kemudian untuk kategori menu keluarga dimenangkan oleh Semendawai Suku III, juara ke 2 dari kecamatan Semendawai Barat dan juara ke tiga dari kemacatan Belitang