23 Aug 2018, 11:37 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

Manfaatkan Air Dengan Bijak

MARTAPURA-  Menyikapi  kondisi  geogragis OKU Timur yang  kerap dilanda bencana kekeringan dan banjir perlu menjadi perhatian masyarakat. Didalam pengelolaan air dengan bijak.

Demikian diungkapkan Bupati OKU Timur HM Kholid di Martapura.

Menurut Bupati, OKU Timur disaat musim penghujan air begitu berlimpah bahkan kerap  terjadi genangan bahkan banjir dibeberapa tempat. Namun disaat musim kering atau kemarau justru  daerah yang kebanjiran  menjadi daerah  yang rawan dilanda kekeringan.

Oleh karena itu dia meminta masyarakat dapat menyikapi kondisi alam ini dengan baik. Salah satunya dengan cara membuat tampungan air, dam, embung, sumur dan sejenisnya untuk menampung air dikala musim penghujan selanjutnya dapat dimanfaatkan disaat musim kemarau. Baik untuk kebutuhan sehari-hari mamupun untuk mengairi  lahan pertanian.

Untuk diketahui beberapa kawasan yang kerap dilanda  banjir disaat musim  penghujan diantaranya sepanjang bantaran sungai komering, sedangkan daerah yang rawan terkenda damapak kekeringan yakni kawasan Batumarta dan Belitang dan sekitarnya. (herman danawi)