24 May 2022, 8:21 WIB | Berita, Berita, Berita Umum, Headline

Mantapkan Keberangkatan CJH, Kemenag Dan Pemkab OKU Timur Gelar Rapat

OKU Timur – Pemerintah Kabupaten OKU Timur bersama Kementerian Agama menggelar rapat persiapan rencana keberangkatan Calon Jama’ah Haji Reguler tahun 1443 Hijriah. Jumat, (20/05/2022).

Rapat dihadiri Bupati OKU Timur yang diwakilkan oleh Asisten 1 drs. Dwi Supriyanto, M.M., Kakan Kemenag Dr. H. Abdul Rosyid yang didampingi Kasi PHU H.M. Husni dan Pihak Dinkes, Satlantas Polres OKU Timur, Kabag Kesra yang sekaligus membacakan susunan kepanitiaan keberangkatan hingga kepulangan Jama’ah Haji dari tanah suci.

Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T., yang diwakili Asisten 1 drs. Dwi Supriyanto, M.M., mengatakan, setiap tahapan yang dibutuhkan harus segera dilaksanakan semua pihak, terutama dukungan Pemerintah untuk kelancaran keberangkatan, kepanitiaan yang telah disusun nantinya dapat maksimal melayani masyarakat khususnya Calon Jamaah Haji untuk berangkat ke tanah suci.

“Secara teknik Pemerintah Kabupaten OKU Timur siap memfasilitasi keberangkatan sampai di Palembang hingga kepulangan nanti kita siapkan fasilitas'” Jelas Dwi Supriyanto.

Sementara Kakan Kemenag Dr. H. Abdul Rosyid menyampaikan, keberangkatan Jamaah Haji tahun ini merupakan kelanjutan jama’ah yang tertunda dari tahun 2020 akibat pandemi Covid-19, awalnya keseluruhan berjumlah sebanyak 880 Jama’ah, karena ada perubahan sehingga OKU Timur hanya bisa memberangkatkan berjumlah sebanyak 440 Jama’ah.

Dia mengakui, karena tahun ini ada beberapa persyaratan pemerintah Kerajaan Arab Saudi hanya tahun ini diperbolehkan berangkat bagi calon jamaah berusia dibawah usia 65 Tahun sehingga diatas tahun tersebut direncanakan berangkat tahun mendatang.

“Insyaallah tahun mendatang usia lebih dari 65 tahun dapat diberangkatkan serta persayaratan lain bagi jama’ah harus sudah dilakukan vaksinasi tahap 1 hingga tahap 3 dan sudah ada sertifikat PCR Covid-19” Ungkap Abdul Rosyid

Abdul Rosyid menambahkan, keberangkatan Calon Jamaah Haji tersebut akan dibagi menjadi 10 rombongan, dalam satu kendaraan dibagi beberapa rombongan dengan 45 orang.

“Kami berharap dukungan penuh dari pemerintah daerah untuk memberikan kelancaran keberangkatan bagi Calon Jamaah Haji’, Jelasnya.

Ditambahkan, Kasatlantas diwakili KBO Lantas IPTU. Kahar menyampaikan, untuk memperlancar para Calon Jama’ah Haji dalam perjalanan pihak lantas juga akan siap mendukung keberangkatan para Jama’ah.

“Keterlibatan pihak Polres OKU Timur untuk melakukan pengawalan dari awal keberangkatan hingga kepulanganya” Ujar Kahar.

Sebagai informasi praktek Manasik Haji untuk pembukaan tingkat kabupaten akan dipusatkan di Masjid At-Taqwa Gumawang yang akan dihadiri langsung Bupati OKU Timur

Nantinya akan dibagi tiga zona, untuk Zona 1 Martapura Manasik Haji yang dipusatkan di Masjid Nurul Huda Sukaraja Kecamatan Buay Madang, Zona 2 dipusatkan di Masjid Nur Hidayah Puncak 4 Gumawang Kecamatan Belitang dan Zona 3 Manasik Haji akan di pusatkan di Masjid Jamik Baiturrahim BK 16.

(Tim Diskominfo OKU Timur).