Situs Pemerintah Kabupaten OKU Timur
          Selamat Datang Di Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur              Yakin OKU TIMUR lebih baik, Aman, Nyaman tanpa Jalan Berlubang          
Perikanan Peternakan Jarak Durian Komering Adipura Duku Komering Pertambangan Lumbung Pangan : Padi Kelapa Sawit Karet
Banner OKU Timur
Hari/Tanggal Jam
Ahad
16 Jun 2019
12:01:57

Memanggang dengan Gas atau Arang, Mana Lebih Baik?

31 Dec 2014 | Serba-serbi

984d9912-ee07-436d-ba3c-929bbbd15f5e_169
Jakarta, CNN Indonesia — Begadang di tahun baru selain diisi dengan melihat kembang api dan bercengkrama bersama keluarga, paling enak pasti menyantap makanan enak. Agar lebih seru, pesta tahun baru biasanya diisi dengan acara bakar ayam atau pesta barbeque (BBQ)

Cara memanggang yang paling populer saat tahun baru adalah dengan menggunakan arang kayu dibanding dengan gas. Namun, perdebatan pun muncul. Mana alat pemanggang yang bisa menghasilkan makanan lebih sehat?

Menurut Eating Well, kedua alat pemanggang ini memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, mulai rasa, biaya dan kenyamanan saat penggunaannya. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang berhasil menemukan mana cara memanggang yang lebih sehat di antara keduanya.

Hanya saja, pertimbangannya mungkin harus sedikit diubah. Bukan lagi pertimbangan mana yang lebih sehat, tapi dari segi rasa dan juga akibat jangka panjangnya.

Memanggang dengan menggunakan bahan bakar arang akan melepaskan karbon monoksida, partikel dan jelaga ke atmosfer. Hal ini berkontribusi pada peningkatan konsentrasi polusi yang akan merusak ozon.

Namun, ketika memanggang memakai arang kayu, rasa makanan bakaran akan terasa lebih nikmat dibanding pemanggang gas. Dengan arang, aroma akan jadi lebih harum, nikmat dan sensasi asap (smoke).

Jika menggunakan pemanggang gas, tentu saja harganya akan jauh lebih mahal, dan rasanya kurang sedap. Akan tetapi, dengan gas, proses memasak akan jadi lebih cepat dan mudah diatur tingkat panasnya. 

Lihat berita lain dalam » Serba-serbi


Jajak Pendapat

  • Bagaimana tampilan website ini?

    View Results

    Loading ... Loading ...

Arsip Artikel

Hak Cipta © 2012 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481035, Fax: 0735-482750
Email: info@okutimurkab.go.id
Dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481686, Fax: 0735-481686
Email: inforkom@okutimurkab.go.id
Developed by rajadigital