Situs Pemerintah Kabupaten OKU Timur
          Selamat Datang Di Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur              Yakin OKU TIMUR lebih baik, Aman, Nyaman tanpa Jalan Berlubang          
Perikanan Peternakan Jarak Durian Komering Adipura Duku Komering Pertambangan Lumbung Pangan : Padi Kelapa Sawit Karet
Banner OKU Timur
Hari/Tanggal Jam
Rabu
13 Des 2017
13:57:09

MULAI SOSIALISASIKAN PILKADES SISTIM E-VOTING

OKUT, GLOBALPLANET.news – Pemerintah Kabupaten OKU Timur, mulai gencar melakukan sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dengan sistim e-Voting. Hal ini dilakukan karena Pilkades Serentak di OKU Timur tahun 2018 nanti, akan diselenggarakan dengan sistim e-Voting.

Sekda OKU Timur Drs H Idhamto didampingi Asisten I Setda H Mgs Habibullah mengatakan, sosialisasi ini dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkades serentak di beberapa desa yang ada di OKU Timur.” Pesertanya meliputi para Camat, Kades dan BPD desa-desa yang akan melakukan Pilkdes serentak, sosialisasi ini dilakukan karena Pilkades nanti akan menggunakan sistim e-Voting,” katanya usai membuka kegiatan sosialisasi di ruang Bina Praja Pemkab OKU Timur, Kamis (23/11/2017).

Pihaknya menghadirkan narsumber dari Badan Pekajian dan Penerapan Teknologi RI Andrari Grahita. “Dalam sosialisasi ini juag dilakukan peragaan cara kerja alat e-voting. Kita harapkan camat, Kades, BPD akan lebih paham tentang sistim e-Voting ini,” terangnya.

Untuk melaksanakan Pilkades serentak pada tahun depan, pihaknya sudah melakukan MoU dengan Kominfo. “Kerjasama dengan kominfo untuk penjaringan dan penyaring calon kades (Simpekdes), karena dilakukan dengan sistim aplikasi dan seleksi menggunakan Computer Ases Tes (CAT),” jelasnya.

Sementara untuk pelaksanaan pemungutan suara menggunakan sistim e-Voting berkerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). “Tujuan Pilkades dengan sistim e-Voting untuk mengurangi kecurangan dan meminimalisir masalah pada Pilkades. Jika selama ini dengan sistim manual sering terdapat surat suara yang rusak karena salah lipat dan salah coblos, dengan memakai e-Voting maka tidak aka nada surat suara yang rusak,” pungkasnya.

Ketua Badan Pembuatan Peraturan Daerah (BP Perda), DPRD OKU Timur Junaidi Majid sebelumnya menjelaskan bahwa, memang perlu dilakukan sosialisasi secara menyeluruh, karena saat ini SDM masih terbatas, serta letak geografis desa yang jauh dari jangkauan akan menjadi kendala.

“Banyak keuntungan yang diperoleh dari sistim e-voting tersebut, salah satunya upaya mobilasasi mata pilih oleh oknum tertentu untuk memenangkan salah satu calon tidak akan terjadi. Serta mata pilih yang digunakan pada Pilkades serentak jelas pasti valid,” ujar Politisi Nasdem ini.

Sumber : http://www.globalplanet.news/berita/2049/mulai-sosialisasikan-pilkades-sistem-e-voting

Lihat berita lain dalam » Artikel, Berita Daerah, Berita Umum


Jajak Pendapat

  • Bagaimana tampilan website ini?

    View Results

    Loading ... Loading ...

Arsip Artikel

Hak Cipta © 2012 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481035, Fax: 0735-482750
Email: info@okutimurkab.go.id
Dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481686, Fax: 0735-481686
Email: inforkom@okutimurkab.go.id
Developed by rajadigital