7 Jan 2021, 9:36 WIB | Berita, Berita Umum, Headline

OKU Timur Berencana Gelar Pilkades 7 April 2021

Pemerintah OKU Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021 Tingkat Kabupaten, Rapat di Aula Bina Praja II Rabu pagi (6/1/2021).

Turut dihadiri Bupati OKU Timur H. Kholid Mawardi, diwakili Sekretaris daerah (Sekda) OKU Timur Jumadi, S.Sos, Kepala Dinas PMD H. Rusman, Kapolres OKU Timur diwakili Kabag Ops Kompol Efendi Simanjuntak, Kejaksaan Negeri dan Unsur terkait. Rapat Koordinasi pilkades merupakan tahap awal pembahasan dan Persiapan serta masukan dari berbagai pihak agar pelaksanaanya dapat berjalan sukses pada 7 April mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Desa ( PMD) H. Rusman mengatakan, berawal dibulan Maret mendatang semua proses sudah akan dimulai dengan tahapan pembentukan panitia kabupaten dan desa maupun pencetakan surat suara semuanya sudah selesai.

“Termasuk pencetakan surat suara, kontribusi logistik, teknis pendistribusiannya, monitoring kegiatan termasuk ketersediaan pada anggaran, maupun syarat ketentuan untuk mencalonkan diri sebagai kepala desa minimal tamatan Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam satu desa kandidat terdiri dari 2-5 orang calon,” tegasnya.

OKU Timur ada 20 Kecamatan, diketahui bersama rencana Pilkades untuk 223 Desa, Menjadi kesepakatan bersama bahwa nantinya mengusung Tema ‘’Pilkades Damai Tahun 2021 ’’. Namun tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. ” Kita harapkan Pilkades serentak ini dapat menghasilkan kepala desa yang dapat membawa kemajuan dan kemakmuran desa yang dipimpinnya”, Ungkap Rusman.

Sementara Sekda OKU Timur H. Jumadi, S.Sos, berharap Pelaksanaan Pilkades nantinya dapat berjalan lancar dengan adanya semua masukan akan menjadi pedoman dan acuan bersama dalam pelaksanaannya dengan kontek penyempurnaan pelaksanaan sehingga agar tidak ada miss komunikasi ditingkat desa.

‘’ Pelaksanaan Pilkades ada acuan pada peraturan daerah (perda), diharapkan panitia tingkat desa dapat paham mekanisme yang berkaitan persyaratan bagi calon untuk mencalonkan diri, terlebih di masa pandemi covid 19.

Semua Panitia harus siapkan peralatan protokol kesehatan, agar sehingga Pilkades OKU Timur dapat berjalan sukses, tidak ada kendala dilapangan oleh karena itu, kesemuanya itu harus di persiapkan dari jauh hari sebelum pelaksanaan ucap Sekda .’’ (Jhon).