Situs Pemerintah Kabupaten OKU Timur
          Selamat Datang Di Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur              Yakin OKU TIMUR lebih baik, Aman, Nyaman tanpa Jalan Berlubang          
Perikanan Peternakan Jarak Durian Komering Adipura Duku Komering Pertambangan Lumbung Pangan : Padi Kelapa Sawit Karet
Banner OKU Timur
Hari/Tanggal Jam
Rabu
17 Jul 2019
05:37:01

OKU Timur Cegah Aktivitas Pencucian Otak

2 May 2011 | Berita

Sriwijaya Post – Jumat, 29 April 2011 20:50 WIB

MARTAPURA, SRIPOKU.COM —Maraknya aksi kejahatan cuci otak yang terjadi belakangan khususnya di Pulau Jawa dan sekitarnya, membuat semua pihak harus waspada.

Untuk di OKU Timur sejauh ini masih aman-aman saja dan belum terdengar atau terlihat adanya kasus-kasus kejahatan cuci otak dengan tujuan doktrin aliran tertentu. Namun begitu, Polres OKU Timur tetap mewaspadai kejahatan tersebut dengan meningkatkan peran babinkamtibmas di masyarakat.

Kapolres OKU Timur AKBP Kristiyono SIk MSi kepada pers Jumat (29/4/2011) mengatakan, peran Babinkamtibmas dalam ini melakukan pencegahan deteksi dini bersama masyarakat di lingkungannya jika adanya kegiatan-kegiatan yang mencurigakan dengan berkedok syiar agama.

Ditegaskan Kapolres, tetap bersikap langsung melakukan pengecekan jika adanya pengaduan masyarakat atas aktifitas yang mencurigakan. Apalagi sampai mengganggu kepentingan umum dengan meresahkan masyarakat.

Selain menekankan peran Babinkamtibmas, polisi juga meningkatkan koordinasi dengan unsur pemerintah, ulama, dan tokoh masyarakat.

Sementara terpisah salah satu pemilik yayasan lembaga pendidikan tinggi, HM Kholid Mawardi mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi terkait maraknya aktifitas pencucian otak dengan kedok kegiatan keagamaan tersebut. “Langkah antisipasi dengan mengajak para mahasiswa berdialog dengan memberikan pandangan tertentu secara logik tentang faham-faham jihad yang benar. Kata HM Kholid seraya menambahkan pihaknya juga memantau kegiatan-kegiatan keagamaan secara intern.

Langkah lainnya kata Ketua Yayasan STKIP Nurul Hudah Sukaraja Buay Madang OKU TIMUR ini, dengan menekankan kegiatan yang hanya boleh dilakukan di dalam kampus saja. Untuk saat ini kegiatan yang diluar tidak diperbolehkan dulu dan Alhamdulillah hingga saat ini, tak ada mahasiswa yang jadi korban cuci otak.

Terkait soal pemahaman jihad yang salah, dikatakan Kholid yang juga Wakil Bupati OKU Timur merupakan ranah para ulama yang tentunya berkoordinasi dengan unsur pemerintah.

Seperti pemahaman untuk mendirikan NII, wilayah yang doktrinnya mudah ditanamkan yakni di lingkungan yang warganya miskin dan serta pemahamannya tentang agama kurang atau dangkal. Namun untuk di OKU Timur, HKM Kholid Mawardi yakin doktrin cuci otak sulit diterapkan karena sebagian besar warganya sudah sejahtera dan paham agama.

Leni Juwita; Editor: Soegeng Haryadi

Lihat berita lain dalam » Berita


Jajak Pendapat

  • Bagaimana tampilan website ini?

    View Results

    Loading ... Loading ...

Arsip Artikel

Hak Cipta © 2012 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481035, Fax: 0735-482750
Email: info@okutimurkab.go.id
Dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481686, Fax: 0735-481686
Email: inforkom@okutimurkab.go.id
Developed by rajadigital