29 Sep 2020, 9:44 WIB | Berita, Berita, Berita Umum, Headline

OKU Timur Cetak Sawah Demi Perluas Lahan Pertanian

Upaya Pemerintah OKU Timur demi memberantas kemiskinan ditengah pandemi Covid-19 adalah memberikan kesejahteraan bagi para petani melalui dinas pertanian tanaman dan holtikultura OKU Timur kembali perluasan area sawah.

Bupati OKU Timur melalui Sekda H. Jumadi, S.Sos. Menyebutkan, cetak sawah untuk lahan pertanian ini dilakukan secara mandiri demi meningkatkan jumlah panen raya padi setiap tahunnya.

Melalui penambahan lahan dan cetak sawah salah satunya dapat meningkatkan rasio pemanfaatan lahan, mengurangi jumlah lahan terlantar, menambah area tanam, meningkatkan produksi padi, dan meningkatkan pendapatan produksi petani.

“OKU Timur merupakan lumbung pangan nasional dan telah memiliki 4 kelompok Gapoktan, dengan 2 Poktannya telah memiliki sertifikat padi organik yang tersebar di empat Kecamatan diantaranya Kecamatan Belitang, Belitang II, Belitang III, dan BP. Peliung dengan total luas 36,03 hektar. Diharapkan Produksi beras setiap tahunnya meningkat dengan mencapai 176,26 ton dalam sekali musim,” Ungkap Sekda, Minggu (27/09/2020).

“Kita melakukan cetak sawah dan memberikan sejumlah alat permainan kepada petani di desa Ringin Sari Kecamatan Belitang III,” terangnya.

Dalam kondisi ini pemerintah juga memberikan bantuan kepada kelompok tani berupa alat mesin pertanian dan benih padi yang berasal dari Direktorat Jenderal Pertanian berupa Corn Sheller dan Power Thresser.

Kedepan dapat meningkatkan produksi, baik mutu hasil tanam pangan dan kita tetap mendukung peningkatan ekspor.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Sujarwanto menyampaikan kegiatan perluasan sawah dimaksudkan agar para petani dapat sejahtera bisa memproduksi kebutuhan pangan pokok seperti beras.

“Salah satu upaya lain melalui cetak sawah yang dilakukan merupakan mekanisasi pertanian, kita harapkan produksi padi di wilayah Bumi Sebiduk Sehaluan terus meningkat, sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup lebih baik pada para petani,” Ucapnya (Jon).