23 Sep 2020, 9:37 WIB | Berita, Berita Umum, Headline

OKU Timur di Jadwalkan Ikuti Festival

Sekda OKU Timur gelar Rapat bersama OPD terkait dan tokoh adat, guna siapkan kesenian adat asli daerah Bumi Sebiduk Sehaluan.

”Kekayaan budaya OKU Timur yang mendiami daerah ini maka Kabupaten ini siapkan sedikitnya 12 jenis festival di tahun 2021 mendatang ”. kata Sekda  OKU Timur Jumadi, S.Sos saat rapat bersama Pemangku Adat istiadat di Aula Handayani Dikbud OKU Timur,  Senin (21/09/20).

Melalui Seni budaya adat istiadat yang kita miliki nantinya memberikan kontribusi pada masyarakat setidaknya bermanfaat untuk finansial bidang seni budaya itu sendiri Ungkap, Jumadi.

Oleh karena budaya merupakan ciri khas daerah juga merupakan peninggalan nenek moyang, kita yang harus lestarikan namun disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini ,”tegasnya.

sekda berharap para tokoh adat yang ada tergabung dalam organisasi JAMAK ( Jaringan Adat Masyarakat  Komering) agar gelar rembuk adat bersama tokoh adat lainya, siapkan apa saja adat adat kesenian yang akan di tampilkan dari kabupaten ini terutama adat Komering,

kesenian adat Suku Komering menjadi tampilan khusus saat festival, Karena kebudayaan asli daerah ini merupakan ciri khas daerah.

“Tahun 2021 mendatang Provinsi Sumatera -Selatan menjadi tuan festival TMII adat istiadat asal OKU Timur menjadi daya tarik nanti dalam festival yang disesuaikan dengan kondisi alam dan perkembangan zaman sekarang ,”Pungkasnya. (jhon)