7 Sep 2018, 11:22 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

OKU Timur Gelar Bursa Inovasi Desa

MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa menggelar Bursa Inovasi Desa (BID).

Kegiatan ini merupakan tahapan dari program Pengelolaan Inovasi Desa (PID) Kabupaten OKU Timur yang langsung melibatkan ratusan  yang ada di daerah itu, bertempat  di balai rakyat Pemkab OKU Timur, Kamis (6/9/2018).

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi dalam sambutannya  mengharapkan   desa dapat  kreatif dalam menggali potensi yang dimiliki  sebagai langkah meningkatkan perekonomian masyarakat di masing-masing desa.

Melalui kegiatan  pelaksanaan Bursa Inovasi Desa (BID) dia mengharapkan dapat menjadi menjembatan dalam  mencari solusi  terbaik dalam penyelesaian masalah yang dihadapi desa selama ini, disamping sebagai tempat  menumbuhkan inisiatif  serta mencari altenatif kegiatan dalam pembangunan desa. Melalui penggunaan dana desa yang lebih efektif dan efesien.

Bupati OKU Timur HM Kholid di kesempatan ini juga menekankan kepada para pendamping desa agar mengawal jalannya proses pembangunan yang ada di desa sehingga penyerapan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan manfaat bagi masyarakat desa.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) OKU Timur H Rusman  dalam laporannya menyebutkan kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan dan inovatif.

Menurut Rusman setidaknya ada tiga hal yang menjadi fokus, diantaranya peningkatan kapasitas SDM, Infrastruktur dan sektor ekonomi.

Hadir dalam kegiatan ini kepala dinas PMD provinsi yang diwakili dan pejabat penting lainnya. (herman danawi).