11 Feb 2021, 5:55 WIB | Berita, Berita, Berita Umum, Headline

OKU Timur Mantapkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 7 April 2021 Mendatang

Pemerintah OKU Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa PMD bersama para Camat guna memantapkan persiapan untuk kesuksesan jalannya pesta demokrasi pilkades di 223 desa.

Bupati OKU Timur H. M. Kholid Mawardi menghimbau para Camat dan Panitia Pilkades agar tetap menjaga stabilitas keamanan  dan meningkatkan kewaspadaan dan mendeteksi dini potensi konflik di wilayahnya.

Ia menekankan agar segala penganggaran baik dari Pemda maupun APBDes untuk dihitung dengan sebenar-benarnya, memperhatikan batas maksimal penggunaan anggaran, dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

“Terutama untuk keperluan segala peralatan protokol kesehatan. Jadi, semua harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari, agar kemudian Pilkades  nanti dapat terselenggara secara aman, lancar, dan kondusif”, Pesan Bupati.

Maka di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, mari bersama kita berusaha untuk menyelenggarakan Pilkades dengan tetap menjaga kondusifitas, menjaga momentum pemilihan kepala desa dengan sangat demokratis satu tujuan, yaitu untuk kesejahteraan masyarakat.

“Camat bersama Forkopimcam, dihimbau agar memetakan daerah-daerah rawan di wilayahnya masing-masing. Agar dapat mendeteksi secara dini, jangan sampai ada konflik diwilayahnya ,” imbaunya, Rabu ( 10/2/2019).

Ia mengingatkan kepada calon yang tidak lolos dalam seleksi awal dan lanjutan, untuk dapat menerima keputusan dari panitia. “Kepada para bakal calon yang telah gugur pada tahap administrasi dan testing, harus bisa menerima dan jangan ngotot. Karena panitia penyelenggara sudah punya data, kenapa yang ini gugur yang lain bisa masuk. Tentunya semua sudah sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku,” Kata bupati.

Pilkades menurut Kholid, merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi. Karena masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah daerah.

“Pilkades merupakan bentuk kedaulatan rakyat di desa dalam menentukan pemimpinnya. Sehingga perlu dikawal bersama sesuai prinsip LUBER JURDIL (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil) serta sesuai perundang-undangan. Saya mohon kepada panitia untuk melaksanakan tugas dengan profesional,” lanjutnya.

Ia mengajak segenap komponen masyarakat untuk saling asah, asih, asuh, dalam menyukseskan pilkades serentak dengan mengedepankan kearifan lokal. ”Kearifan lokal adalah salah satu kekuatan yang mampu meredam potensi konflik, yang dapat merusak persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat,” kata Kholid.

Sementara kepala Dinas PMD OKU Timur H. Rusman mengatakan rencana Pilkades tahun ini akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal pada 7 April mendatang di 223 desa. Pilkades telah di tentukan waktunya akan tetapi masih menunggu petunjuk teknis dalam pelaksanaan serta rekomendasi dari Mendagri.

Masa pendaftaran sebenarnya sudah berakhir pada Hari ini tanggal 10 Februari 2021, namun melihat berkas-berkas yang sudah diterima dinas PMD sampai saat ini hanya ada lima 5 Kecamatan sudah memenuhi pemberkasan dan telah diterima.

”Kecamatan itu diantaranya Buay Madang, Madang Suku II, Kecamatan Belitang Madang Raya, Kecamatan Bunga Mayang, Kecamatan Cempaka.” Kata Rusman. Saat rapat bersama para Camat, sementara lainnya masih menunggu kesiapan dari pihak desa dan kecamatan untuk pemberkasan terhadap pencalonan Pilkades.

”Melihat tingginya animo warga masyarakat diiringi dengan pelaksanaannya, diharapkan Pilkades dapat berjalan aman, lancar, terkendali, sukses tanpa ada kendala dilapangan ,” terang Rusman. (Jon, Tim Humas Diskominfo OKU Timur).