20 Jun 2019, 13:43 WIB | Berita Umum

OKU TIMUR SIAP  KEMBANGKAN  KATALOG ELEKTRONIK LOKAL (e-KATALOG LOKAL)

PEMERINTAH KAB. OKU TIMUR SIAP  KEMBANGKAN  KATALOG ELEKTRONIK LOKAL (e-KATALOG LOKAL)

 

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)  melakukan desentralisasi di sektor pengadaan berupa pengembangan e-katalog lokal melalui kerja sama dengan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.

E-katalog lokal merupakan sistem informasi berbasis elektronik yang memuat daftar, merek, jenis, spesifikasi, harga, dan jumlah ketersediaan suatu barang/jasa dari berbagai penyedia, yang disusun, dikelola dan dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan pengadaan pemerintah daerah.  Katalog lokal merupakan bagian dari sistem e-katalog LKPP yang memuat katalog nasional, sektoral dan lokal.

Lambat laun, katalog akan menggantikan tender sebagai primadona pengadaan karena keunggulannya yang lebih cepat, mudah dan akuntabel. “Dahulu tender merupakan primadona pengadaan yang seolah-olah apabila pengadaan sudah di tender artinya sudah berada di puncak prestasi. Padahal, tender itu rumit, memakan waktu, tenaga, dan biaya.

Melalui pengembangan e-Katalog Lokal, pengadaan yang dilaksanakan semakin banyak, daerah semakin bagus, inovasi semakin berkembang, dan otonomi daerah dapat semakin berjalan dengan baik.

Untuk itu, LKPP mendorong agar pengelolaan katalog lokal dilakukan dalam unit kerja pengadaan barang/jasa (UKPBJ) yang didalamnya diisi oleh pengelola pengadaan yang profesional, kompeten serta berintegritas.

UKPBJ Syarat Utama Untuk Katalog Lokal

Setidaknya ada tiga prasyarat bagi pemerintah daerah untuk dapat menyelenggarakan katalog lokal. Pertama,  harus diselenggarakan oleh UKPBJ yang permanen dan sudah mandiri. Kedua, UKPBJ tersebut mendapatkan perlindungan political will yang kuat dari pimpinan daerahnya. Dan terakhir adalah mencari komoditasnya yang paling cocok yang sifatnya lokal.

Melalui penerapan e-katalog lokal, UKPBJ di daerah akan dilibatkan langsung dalam proses katalogisasi. Produk dan komoditas yang dikatalogkan meliputi produk-produk di daerah, termasuk produk-produk UMKM yang terstandar dan memenuhi persyaratan.