Situs Pemerintah Kabupaten OKU Timur
          Selamat Datang Di Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur              Yakin OKU TIMUR lebih baik, Aman, Nyaman tanpa Jalan Berlubang          
Perikanan Peternakan Jarak Durian Komering Adipura Duku Komering Pertambangan Lumbung Pangan : Padi Kelapa Sawit Karet
Banner OKU Timur
Hari/Tanggal Jam
Rabu
24 Jul 2019
14:26:46

OKU TIMUR SIAP  KEMBANGKAN  KATALOG ELEKTRONIK LOKAL (e-KATALOG LOKAL)

20 Jun 2019 | Berita Umum

PEMERINTAH KAB. OKU TIMUR SIAP  KEMBANGKAN  KATALOG ELEKTRONIK LOKAL (e-KATALOG LOKAL)

 

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)  melakukan desentralisasi di sektor pengadaan berupa pengembangan e-katalog lokal melalui kerja sama dengan Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.

E-katalog lokal merupakan sistem informasi berbasis elektronik yang memuat daftar, merek, jenis, spesifikasi, harga, dan jumlah ketersediaan suatu barang/jasa dari berbagai penyedia, yang disusun, dikelola dan dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan pengadaan pemerintah daerah.  Katalog lokal merupakan bagian dari sistem e-katalog LKPP yang memuat katalog nasional, sektoral dan lokal.

Lambat laun, katalog akan menggantikan tender sebagai primadona pengadaan karena keunggulannya yang lebih cepat, mudah dan akuntabel. “Dahulu tender merupakan primadona pengadaan yang seolah-olah apabila pengadaan sudah di tender artinya sudah berada di puncak prestasi. Padahal, tender itu rumit, memakan waktu, tenaga, dan biaya.

Melalui pengembangan e-Katalog Lokal, pengadaan yang dilaksanakan semakin banyak, daerah semakin bagus, inovasi semakin berkembang, dan otonomi daerah dapat semakin berjalan dengan baik.

Untuk itu, LKPP mendorong agar pengelolaan katalog lokal dilakukan dalam unit kerja pengadaan barang/jasa (UKPBJ) yang didalamnya diisi oleh pengelola pengadaan yang profesional, kompeten serta berintegritas.

UKPBJ Syarat Utama Untuk Katalog Lokal

Setidaknya ada tiga prasyarat bagi pemerintah daerah untuk dapat menyelenggarakan katalog lokal. Pertama,  harus diselenggarakan oleh UKPBJ yang permanen dan sudah mandiri. Kedua, UKPBJ tersebut mendapatkan perlindungan political will yang kuat dari pimpinan daerahnya. Dan terakhir adalah mencari komoditasnya yang paling cocok yang sifatnya lokal.

Melalui penerapan e-katalog lokal, UKPBJ di daerah akan dilibatkan langsung dalam proses katalogisasi. Produk dan komoditas yang dikatalogkan meliputi produk-produk di daerah, termasuk produk-produk UMKM yang terstandar dan memenuhi persyaratan.

 

 

 

Lihat berita lain dalam » Berita Umum


Jajak Pendapat

  • Bagaimana tampilan website ini?

    View Results

    Loading ... Loading ...

Arsip Artikel

Hak Cipta © 2012 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481035, Fax: 0735-482750
Email: info@okutimurkab.go.id
Dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481686, Fax: 0735-481686
Email: inforkom@okutimurkab.go.id
Developed by rajadigital