2 May 2011, 23:51 WIB | Berita

OKU Timur Waspada Ulat Bulu

Sriwijaya Post – Kamis, 21 April 2011 08:34 WIB

MARTAPURA – Wabah ulat bulu yang sebelumnya marak disejumlah kota di Pulau Jawa. ternyata wabah ulat yang sama sudah terdeteksi ada bermunculan di sejumlah wilayah desa dalam Kabupaten OKU Timur.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura ((TPH) Kabupaten OKU Timur, Ir H Tubagus Sunarseno, Selasa (19/4/2011) menegaskan, berdasarkan hasil temuan pihaknya dilapangan wabah ulat bulu ini sudah terdeteksi menyerang dua desa masing-masing di Desa Tanjung Bulan dan Desa Tanjung Mas Kecamatan Buay Madang.

“Ulat bulu dikedua desa tersebut rata-rata menyerang batang pohon kenanga yang berdaun hijau,” katanya.

Menurut Tubagus serangan hama ulat bulu di kedua desa tersebut patut diwaspadai penyebarannya sebab bukan tidak mungkin akan terus berimigrasi ke desa sekitarnya.

“Kita (TPH) sudah melakukan langkah pembasmian baik dengan cara disemprot menggunakan zat kimia maupun dengan cara dibakar,” tambahnya.

Dia mengharapkan warga OKU Timur untuk waspada dan tidak panik akan timbulnya ulat bulu ini mengingat ulat jenis ini pada umumnya tidak memakan buah padi melainkan hannya makan daun warna hijau.

“Kita sudah sampaikan surat edaran dari Bupati OKU Timur. yang isinya mengharapkan pihak UPTD dan warga untuk melapor jika ada gejala serangan ulat bulu di pemukiman atau menyerang tanaman tumbuh,” tandasnya.

Herman (Martapura, OKU Timur); Editor: Soegeng Haryadi