7 Sep 2018, 11:21 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

Over Kapasitas, Rutan Martapura Pidahkan Warga Binaan

MARTAPURA-Kapasitas tampung warga binaan yang tersedia di Rumah Tanaman Negera (Rutan) Cabang Martapura saat ini sudah melebihi yang seharusnya.

Untuk memberikan kenyamanan bagi  wara binaan, Rutan  Cabang Martapura  memindahkan puluhan tananan ke sejumlah rutan yang ada di Sumatera Selatan.

Kepala Rutan Cabang Martapur, Roihan Al Faisal di Martapura menyebutkan,  beberapa waktu lalu dirinya sudah memindahkan sebanyak 23 narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Martapura ke lapas Mata Merah dan Lapas Perempuan yang ada di Palembang.

Pemindahan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat kelebihan atau Over Kapasitas. Pemindahan puluhan narapidana tersebut dikawal ketat oleh petugas Rutan dan anggota kepolisian dengan bersenjata lengkap.

Dari 23 narapidana tersebut kata dia, terdiri dari tiga orang Nnapi perempuan dan 20 orang napi laki-laki

Masih dikatakan Roihan, Pemindahan  tahanan akan terus dilanjutkan gelombang kedua pemindahan ke Lapas Sarang Elang Baturaja OKU, kemudian ada lagi pemindahan  tahanan pada gelombang  ketiga dan ke empat.

Pemidahan para tananan ini tegasnya, untuk mengurangi faktor over kapasitas serta mengurangi resiko gangguan Keamanan dan Ketertiban di dalam Rutan Martapura. Meningat  sepanjang tahun 2017 dan 2018 Rutan Martapura tidak mendapatkan tambahan pegawai.(herman danawi)