17 Feb 2015, 12:15 WIB | Berita Daerah

Pelaku Usaha di OKU Timur Wajib Miliki TDUP

MARTAPURA – Pelaku usaha kepariwisataan yang ada di Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan wajib mengantongi Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP).

Demikian diungkapkan Kepala Badan Pariwisata Seni dan Budaya (Parsenbud) OKU Timur, Drs Hendri.

Menurut Hendri contoh pelaku usaha yang wajib mengantongi TDUP adalah pengusaha hotel, motel, penginapan, restoran, rumah makan, penyedia akomodasi, water boom, kolam renang, futsal, gedung bulu tangkis, kolam pemancingan, penyelenggara kegiatan hiburan dan usaha kepariwisataan lainya.

TDUP, kata dia, berfungsi untuk menjamin kepastian hukum dalam menjalankan usaha pariwisata bagi pengusaha serta menyediakan sumber informasi bagi semua pihak yang berkepentingan mengenai beberapa hal yang tercantum dalam daftar usaha pariwisata.

“Untuk dapat menyelenggarakan usaha kepariwisataan, pengusaha wajib mendaftarkan usahanya terlebih dahulu kepada pemerintah daerah. Sedangkan, ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran TDUP, diatur dengan peraturan menteri yang dilanjutkan oleh Peraturan Bupati (Perbub) NO 54 Tahun 2014, tentang petunjuk teknis pendaftaran usaha kepariwisataan,” jelasnya.

Sumber : http://palembang.tribunnews.com/2015/02/12/pelaku-usaha-di-oku-timur-wajib-miliki-tdup