18 Dec 2014, 8:36 WIB | Berita Daerah

Pemda OKU Timur akan Cek Koin Temuan Warga

koin-kuno-di-oku-timurSRIPOKU.COM, MARTAPURA — Penemuan Ribuan benda kuno berbentuk koin kuno di Aliran Sungai Komering ketika Edi Buana dan tiga rekannya melakukan penyedotan koral akan segera diteliti oleh Badan Pariwisata dan Seni Budaya Kabupaten OKU Timur. Demikian disampaikan Kepala Badan Pariwisata dan Seni Budaya Kabupaten OKU Timur, Hendri yang dikonfirmasi Kamis (23/10/2014).

Menurut Hendri, rencananya hari ini tim dari dinas akan turun ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan keberadaan koin kuno tersebut.

“Jika memang ada kemungkinan ribuan koin tersebut merupakan peninggalan bersejarah, maka kita akan membawa contoh ke Badan Arkeologi Palembang untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Hendri kepada Sripoku.com.

Sebelumnya, beberapa hari setelah ditemukan, Jaringan Masyarakat Adat Komering (JAMAK) H Leo Budi Rachmadi SE langsung membawa koin tersebut ke Kota Palembang untuk diperiksa di Balai Arkeologi di Palembang.

“Koin sama dengan penemuan beberapa tahun lalu yang diyakini berasal dari bangsa Tiongkok. Kemungkinan mereka berdagang ke sejumlah pelosok Sumsel dengan menggunakan jalur Sungai Komering,” jelasnya.