21 Apr 2015, 11:40 WIB | Berita Daerah

Petani di OKU Timur Dianjurkan Gunakan Pupuk Organik

MARTAPURA – Untuk mengembalikan dan meningkatkan kesuburan tanah pertanian, pemerintah KabupatenOKU Timur menyarankan untuk menggunakan pupuk organik dalam pemupukan. Saat ini sudah disiapakan lima lokasi pabrik pembuatan pupuk organik. Baru dua lokasi yang sudah dioperasikan yakni di Desa Sidomakmur dengan kapasitas 150 ton dan Satria Perkasa dengan kapasitas 10 ton.

“Manfaat pupuk organik sangat besar sekali bagi petani khususnya dalam peningkatan mutu, kesuburan tanah, dan hasil panen serta membantu, memperbaiki sifat fisik atau kimia, dan kandungan biologis humus tanah, namun sayangnya masyarakat kita belum menyadari hal itu,”

Pemerintah tidak bosan-bosannya memberikan masukan dan mensosialisasikan mengenai manfaat pupuk organik melalui penyuluhan ke lapangan dengan kelompok-kelompok tani. Adapun cara membuat pupuk organik, sangat mudah dan sederhana dengan memanfaatkan jerami bekas pemanenan padi petani yang biasanya tidak dimanfaatkan dengan baik.

“Jerami sisa pemanenan petani bisa dibuat pupuk organik dengan cara fermentasi (proses pembusukan, red) dicampur EM4 (Effective Microorganisme 4, red). Setelah semuanya selesai, maka bisa digunakan untuk pemupukan tanaman,”

Pemerintah sangat menganjurkan pemupukan menggunakan pupuk organik agar tanah tidak selalu ketergantungan dengan pupuk an organik yang mengandung senyawa kimia.

“Hasil pertanian dari penggunaan pupuk organik cukup meningkat dibandingkan dengan penggunaan pupuk an organik. Jerami ditambah dengan kotoran hewan sapi bisa menghidupkan humus tanah sehingga padi menjadi lebih gemuk dengan buah yang lebih banyak.

Sumber : http://palembang.tribunnews.com/2015/04/13/petani-di-oku-timur-dianjurkan-gunakan-pupuk-organik