28 Feb 2018, 23:37 WIB | Berita, Berita Daerah, Berita Umum

Petani Panen Raya, Haga Beras di Pasaran Stabil

MARTAPURA-Setelah sempat naik diatas harga 12 ribu rupiah per kilogram-nya. Kini harga beras ditingkat eceran di pasar Martapura berangsur turun. Menyusul telah tibanya  panen raya disejumlah sentra  tanaman padi petani di bumi Sebiduk Sehaluan itu.

Seperti yang diungkapkan,  Patoni salah satu pedagang beras yang dibincangi menyebutkan, turunnya harga beras eceran sudah berlangsung dalam hitungan dua pekan teakhir. Kondisi ini karena disebabkan pasokan stok dari tingkat penggilingan sudah banyak. Berbeda dengan awal tahun 2018 lalu stok terbatas sehingga menyebabkan beras langka dipasaran.

Meskipun harga beras sudah berangsur normal kisaran Rp 9 ribu hingga 10 ribu per Kg. Namun dirinya tetap mengeluh karena sepinya pembeli. Kondisi ini diduga karena banyaknya stok beras yang ada ditangan petani sehingga warga banyak yang langsung membeli ke pabrik atau petani yang harganya jauh lebih murah jika dibanding harga pasar. Karena itu dia berharap agar pemerintah dapat membuat lokasi khusus bagi pedagang beras di Pasar Martapura.

Sementara itu untuk harga kebutuhan pokok lainya, diakui pedagang  lainnya, Wasis, menegaskan ada terjadi kenaikan seperti  harga telur ayam ras dan bebek. Sedangkan untuk minyak goreng kemasan, tepung terigu dan gula tetap normal tidak terjadi kenaikan yang berarti.

Berdasarkan pantauan di pasar Inpres Martapura,  aktifitas dipasar ini tetap normal dan tidak terjadi gejolak berarti. Bahkan stok beras dipedagang terlihat melimpah, begitu juga dengan kebutuhan sembilan pokok lainnya. Warga berharap harga tetap stabil menjelang  bulan suci ramdahan, dan hari raya idul fitri mendatang. (herman danawi)