Situs Pemerintah Kabupaten OKU Timur
          Selamat Datang Di Website Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur              Yakin OKU TIMUR lebih baik, Aman, Nyaman tanpa Jalan Berlubang          
Perikanan Peternakan Jarak Durian Komering Adipura Duku Komering Pertambangan Lumbung Pangan : Padi Kelapa Sawit Karet
Banner OKU Timur
Hari/Tanggal Jam
Selasa
18 Jun 2019
13:51:52

Pindang Kuwol Khas Kabupaten OKU Timur, Rasanya Luar Biasa Nikmat

10 Jul 2015 | Serba-serbi

kuwol_20150707_213701MARTAPURA— Kabupaten OKU Timur, Provinsi Sumatera Selatan yang terkenal dengan penghasil beras dengan ribuan hektare (Ha) lahan persawahan juga dikenal dengan berbagai kuliner yang menjadi andalan daerah yang dihuni berbagai suku tersebut.

Meskipun berbagai macam kuliner khas daerah lain mulai masuk dan menggusur makanan khas daerah, namun sejumlah warga tetap berusaha melestarikan makanan khas Komering seperti pindang Kuwol dan sambal Jok-jok yang ada di Rumah Makan (RM) Neng Cella.

Sumber : http://palembang.tribunnews.com/2015/07/07/pindang-kuwol-khas-kabupaten-oku-timur-rasanya-luar-biasa-nikmat?page=3

Pindang kuwol, atau dalam bahasa Indonesia merupakan Ling-ling tersebut menjadi incaran sejumlah pembeli terutama warga daerah yang singgah di RM Neng Cella yang menyediakan berbagai macam menu masakan daerah terutama daerah Komering.

Adalah rumah makan dan pondok lesehan Neng Cella, yang terletak di ruas jalan Lintas tengah (Jalinteng) tepat di samping jembatan Kotabaru, Kecamatan Martapura, Kabupaten OKU Timur yang menyediakan pindang kuwol dan sambal jok-jok.

Kedua makanan tersebut merupakan makanan khas warga komering di OKU Timur.

Meski cukup ribet untuk menikmatinya, namun para penggemar pindang kuwol dengan sabar menyedot daging kuwol dari mulut kuwol yang sudah direbus selama beberapa menit agar tidak lengket ditempurungnya.

Kuwol yang bisa dikatakan keong versi kecil tersebut namun berwarna hitam biasa hidup di sawah-sawah warga.

Meskipun tidak tersedia setiap hari, namun masyarakat yang menginginkan untuk mencicipi makanan khas komering tersebut tetap bertanya untuk memesannya.

Selain pindang kuwol, Rumah makan neng cella juga menyediakan menu makanan khas komering lainnya seperti sambal Jok-jok yang dipadupadankan dengan cabai serta asam atau bisa diganti dengan kedondong.

Bagi yang tidak menyukai rasa pedas yang amat sangat, sambal Jok-jok kurang cocok untuk dipesan.
Karena sambal jok-jok cukup pedas dan penikmat kuliner dijamin akan bercucuran keringat ketika menikmati pindang kuwol yang dipadupadankan dengan sambal jok-jok dan menu makanan lainnya.

Selain pindang kuwol dan sambal jok-jok pengunjung juga bisa menikmati menu masakan pindang lainnya seperti patin, baung, tulang dan daging.

Selain itu, sambal yang disediakan juga cukup beragam seperti sambal mentah, masak dan sambal Jok-jok.

Demikian juga dengan nasi, pengunjung bisa memilih nasi yang akan dipesan seperti nasi liwet atau nasi putih biasa.

“Namun pengunjung harus bersabar ketika memesan karena agak lama. Rumah makan neng cella ini mengutamakan kesegaran menu. Setiap pengujung yang akan memesan, terlebih dahulu mereka akan menangkap baik ikan atau menu lainnya,” ungkap Angga pelanggan tetap rumah makan neng cella.

Lihat berita lain dalam » Serba-serbi


Jajak Pendapat

  • Bagaimana tampilan website ini?

    View Results

    Loading ... Loading ...

Arsip Artikel

Hak Cipta © 2012 Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481035, Fax: 0735-482750
Email: info@okutimurkab.go.id
Dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKU Timur
Jl. Lintas Sumatera KM 7, Kota Baru Selatan, Martapura, Prov. Sumatera Selatan 32181
Tel: 0735-481686, Fax: 0735-481686
Email: inforkom@okutimurkab.go.id
Developed by rajadigital