20 Feb 2015, 9:58 WIB | Berita Daerah

Ratusan Tikus Rusak Tanaman Padi Petani OKU Timur

basmi-hama-tikus-oku-timur

MARTAPURA – Petani lahan sawah tadah hujan di wilayah Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten OKU Timur dan sekitarnya diresahkan oleh serangan hama tikus yang merusak dan memakan tanaman padi petani yang sudah berumur empat minggu lebih yang saat ini sudah memasuki persiapan pembuahan bulir.

Sebelumnya, petani sudah melakukan antisipasi dengan melakukan pembersihan di seluruh pematang sawah untuk menghindari agar hama tikus tidak bersembunyi dan membuat sarang di pematang sawah.

Bahkan sebelum melakukan penanaman padi, petani terlebih dahulu menimbun seluruh lubang yang diduga merupakan sarang tikus.

“Sudah hampir satu minggu ini ratusan tikus merusak tanaman padi. Tikus datang secara bergerombol dan memakan batang padi sehingga menyebabkan tanaman padi mati. Petani awalnya tidak mengetahui lokasi mana saja yang telah dimakan tikus. Namun beberapa hari kemudian padi akan menguning sehingga diketahui bahwa tikus sudah memakan tanaman padi,” jelasnya.

Menurut Giman, lahan sawahnya sudah habis sekitar setengah Hektare (Ha) akibat serangan hama tikus tersebut.

Kondisi tersebut tentusaja membuat dirinya menjadi ketakutan mengingat tanaman awal tahun ini merupakan tanaman pertama yang menjadi harapan petani setelah beberapa bulan tidak menggarap lahan.

“Petani awalnya berharap hasil panen kali ini bisa melimpah dan menutupi kebutuhan keluarga dan sebagiannya untuk dijual. Namun sepertinya hal itu akan sulit untuk dicapai. Yang ada saat ini adalah berharap agar serangan hama tikus tidak memakan sisa tanaman padi yang ada,”

Sumber : http://palembang.tribunnews.com/2015/02/18/ratusan-tikus-rusak-tanaman-padi-petani-oku-timur