29 Sep 2015, 22:13 WIB | Berita Umum

Renstra Bappeda 2010-2015

Sesuai amanat pemerintah yang dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah harus menyiapkan rancangan Rencana Strategis SKPD sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dengan berpedoman pada rancangan RPJM Daerah. Renstra SKPD disusun untuk menjaga dan memelihara kesinambungan pembangunan pembangunan yang telah diraih sebelumnya sehingga berfungsi menjembatani antara kondisi pembangunan daerah yang telah dicapai dengan kondisi pembangunan yang diinginkan ke depan. Penyusunan rencana pembangunan pada dasarnya merupakan akumulasi perencanaan dari bawah ke atas dan dari atas ke bawah (bottom up and top down planning) melalui mekanisme dan tahap penyusunan rancangan disemua tingkatan pemerintahan mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten / kota provinsi, hingga pemerintah pusat. Demikian pula sebaliknya dari pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan hingga pemerintah desa.

Pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur merupakan bagian yang tak terpisahkan dari RPJM Daerah Kabupaten OKU Timur dan Rencana Strategis seluruh SKPD Kabupaten OKU Timur termasuk Bappeda yang membutuhkan sistem, mekanisme, pelaksanaan dan pengendalian yang lebih terpadu, sinergis, seimbang antara berbagai bidang kegiatan pemerintah dan berbagai bentuk partisipasi masyarakat yang dapat menjamin terpenuhinya aspirasi dan kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten OKU Timur.

Dalam konteks penyelenggaraan pembangunan daerah Kabupaten OKU Timur, Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah memiliki peran yang strategis dalam upaya merealisasikan perencanaan pembangunan Kabupaten OKU Timur yang tersurat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten OKU Timur. Karena itu, Bappeda sebagai salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten OKU Timur menyusun Rencana Strategis sebagaimana yang diisyaratkan dalam Permendagri Nomor 54 Tahun 2010  dengan memuat program-program pembangunan yang mengacu pada RPJMD Kabupaten OKU Timur Tahun 2010-2015 serta permasalahan aktual di lingkungan tugas dan fungsi Bappeda. Melalui program pembangunan tersebut berbagai permasalahan aktual yang terkait dengan peningkatan perencanaan pembangunan Kabupaten OKU Timur dapat terpecahkan.

BAB-I- PENDAHULUAN

BAB-II- GAMBARAN UMUM BAPPEDA

BAB II ANGGARAN DAN REALISASI

BAB-III- ISU STRATEGIS 

BAB-IV- VISI MISI TUJUAN DAN STRATEGI BERDASARKAN TUPOKSI

BAB-V- RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN

BAB V RENCANA PROGRAM

BAB-VI- INDIKATOR KINERJA

BAB-VII- PENUTUP

MATRIK RENSTRA